MBA? Apakah Sebuah Fenomena?

Dulu waktu SMP, gue berpikir bahwa MBA adalah salah satu klub basket terkenal. Eh, ternyata beda. Yang benar itu NBA (ya walaupun sebenernya NBA bukan nama klub, tapi nama liga bola basket). Sedangkan MBA? Married By Accident.

Sebagai anak yang sekolah di tahun 2000an, gue merasa terkaget-kaget jika ada anak tetangga yang akan menikah. Padahal umurnya sama ataupun lebih muda dari gue. Ternyata eh ternyata, kebanyakan atau hampir semuanya MBA. Mirisss gue lihatnya.

sumber
Teman seangkatan di SMP pun ada yang tiba-tiba menghilang. Setelah mendengar desas-desus, ternyata MBA. Padahal dia anaknya pendiam banget. Kalau ditanya pun ngejawab seperlunya, malah lebih banyak senyum daripada ngomongnya. Diam-diam menghanyutkan.

Menginjak SMK, setiap gue pulang sekolah, gue selalu melihat anak tetangga yang lagi nangkring di atas motor, berduaan di depan rumah kosong tak berpenghuni sambil ketawa-ketiwi. Setelah beberapa lama (kalau ga salah 1-2 tahun), beredar undangan pernikahannya. Gue ngga tau dia MBA atau ngga, yang pasti dia ngga nerusin sekolah dan kalau setiap kali dibonceng sama pacarnya, aduuuh...rapet bener.

Ada juga (adik kelas gue jaman SD) yang menikah, di saat gue sedang pusing menghadapi UJIKOM dan UN dahulu. Sesuatu banget kan? Asal kalian tahu, yang membuat gue menuliskan tentang MBA adalah anak ini. Soalnya tadi pagi saat gue terburu-buru pergi ke kampus, dia dengan badannya yang kurus kecil, sedang menggendong anaknya sambil berjalan ke arah warung. Mirisss.

Anak seumuran dia mah harusnya lagi asyik main ke mall sama teman, ngegosipin kakak kelas yang ganteng, foto selfie sambil monyong-monyong, dan menikmati kegalauan karena gebetan udah punya pacar. Iya ngga sih?

Apalagi tahun 2015 ini, banyak banget berita tentang anak SD yang memamerkan foto mesranya di facebook. Sedih :'(

sumber
Sebagai anak muda dan seorang perempuan, gue sedih banget dengan fenomena ini. Ini sebenarnya salah siapa? Dunia? Agama? Orang tuanya? Pelakunya? Atau mau nyalahin Tuhan?

Memang sih dalam Islam, menikah itu ibadah dan akan mendapat pahala. Tapi kalau MBA mah, pahala nikahnya udah ketutup sama dosa besar yang dilakukan sebelum nikah atuh!

Untuk lebih jelas tentang apa saja yang harus diketahui tentang hamil di luar nikah menurut Islam, check this out.

12 comments:

  1. ini serem :3
    banyak faktor kenapa anak2 jaman sekarang bisa MBA, mulai dari tontonan pergaulan dll. yaa harus baik2 jaga diri sih sebenernya. jaga iman juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, faktor agama harus lebih diperkuat dalam diri masing-masing. Kalau ngga ya kebablasan

      Delete
  2. Saya juga miris kalau denger orang nikah gara-gara MBA. Apalagi yg nikah masih bocah-bocah. Temen saya waktu SMA juga gitu tuh. MBA. Dia nikah dalam kondisi perut besar. Temen-temennya gak diundang.

    Kalau menurut saya sih pergaulan itu pengaruh banget plus iman. Pinter-pinter cari temen aja, sama banyakin beribadah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju! Mungkin anak Indonesia kebanyakan yang dituntut nilai pelajaran utama 100, tapi nilai agama ga jadi masalah 0 juga :(. Sedih

      Delete
  3. zaman aku masih sekolah juga, dari SMP sampe kuli ada aja temen yang ngalamin MBA ini. mungkin ini pengaruh dari pergaulan, lingkungan dan kalau aku sih lebih gede ke orang tuanya sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya faktor orang tua juga berpengaruh besar banget. Kalau di sini sih, katanya yang MBA itu ya yang lahir dari MBA juga.

      Delete
  4. wah, saya baru tu istilah MBA.
    iya, memang banyak banget anak-anak sd fotto mesra jaman sekarang,
    jaman sudah mulai edan memang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman yang edan atau orang-orangnya yg edan?

      Delete
  5. Dan setau aku, kalok nikah karena MBA, gitu bayinya lahir harus dinikahkan ulang..

    Sedih ya.. Sebenarnya dari pihak orang tua jugak sih, terlalu membebaskan.. Si anaknya jugak salah karena mungkin aja banyak bohong.. Wallahualam.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang. Seperti kata artikel yg dicantumkan di akhir itu, menikah dgn perempuan yg hamil krn zina itu tidak sah

      Delete