Chingu Cafe - Bandung Rasa Seoul

Siapa yang suka dengan oppa-oppa ganteng dari Korea? 'Oppa' di sini bukan berarti kakek-kakek loh! Dalam bahasa korea, oppa itu sebutan untuk kakak cowok atau orang yang kami (perempuan) anggap sebagai seorang ehem pacar.

Gue punya rekomendasi tempat makan plus nongkrong asyik nih buat warga Bandung dan sekitarnya yang suka hal-hal berbau Korea Selatan. Nama tempatnya adalah Chingu Cafe. Saat masuk ke cafe ini, kita langsung disuguhi aneka properti ala negeri ginseng itu.


Di pohon ini banyak tulisan-tulisan dari pengunjung


Pelayannya juga menyapa kami berempat dengan kata sapaan khas Korea, "Annyeonghaseyo".

Chingu Cafe ini semenjak kemunculannya emang bikin gempar #lebay, sampai-sampai gue pun harus masuk waiting-list untuk bisa menikmati makanan-makanan korea di tempat ini.

BNI Go-Green Untuk Indonesia

Bing beng bang yok kita ke bank
Bang bing bung yok kita nabung
Tang ting tung hey jangan dihitung
Tau tau kita nanti dapat untung

Masih ingat dengan lagu "Menabung"? Dulu gara-gara lagu itu saya mendadak rajin menabung, walaupun seminggu kemudian celengan yang dipakai buat menabung itu dibongkar lagi karena tak tahan ingin membeli mainan di sekolah.

Anak-anak yang lahir tahun 80-90an, pasti pernah punya celengan tanah liat yang bentuknya ayam atau stroberi. Iya kan? Sekarang sih tak usah repot-repot beli celengan seperti itu lagi. Sudah banyak bank-bank yang bersedia menyimpan dan mengamankan uang kita, salah satunya BNI (Bank Negara Indonesia).


Sebagai bank pertama yang dimiliki negara Indonesia, sudah banyak prestasi yang diraih juga penghargaan yang didapatkan dan oleh BNI. Salah satunya yaitu Indonesia Green Company Award di tahun 2012.

Kita sering mendengar berita bahwa lapisan ozon di bumi kita sudah semakin menipis karena polusi udara yang terus meningkat. Untuk meringankan beban itu, ternyata BNI bekerja sama dengan pihak pemerintah Banda Aceh dalam membangun Taman Kota Trembesi BNI. Taman itu adalah sebuah fasilitas hutan dan taman kota seluas 1,5 hektar yang berlokasi di kota Banda Aceh. Selain di Banda Aceh, BNI juga telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo dan Universitas Udayana dalam mengembangkan hutan-hutan kota untuk mendukung terciptanya ruang terbuka hijau di perkotaan.

Pada tahun 2013 pun, BNI bersama pemerintah Kabupaten Tangerang melakukan penanaman pohon di kompleks perkantoran Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang dalam rangka mendukung program penghijauan one billion Indonesia trees (Gerakan Satu Juta Pohon Indonesia) yang dicanangkan pemerintah sebagai upaya untuk mengurangi emisi karbon.

Penghijauan di Surabaya dalam rangka ulang tahun BNI ke 67. (sumber)

Lalu dalam acara Tour De Singkarak tahun 2014, BNI sebagai salah satu mitra acara ikut melakukan kegiatan yang bertujuan menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan cara membagikan pohon persahabatan atau Tree of Friendship di garis start dan finish perlombaan.

Selain itu, ada juga program Kali Ciliwung Bersih yang bertujuan untuk membersihkan lintasan sungai Kali Ciliwung dan dikerjakan secara sukarela oleh beberapa kelompok komunitas masyarakat seperti Peduli Ciliwung (KPC), LATIN dan Telapak. Dimana dana bantuan dari BNI dipergunakan untuk menyediakan peralatan pengangkut sampah sungai, mesin pencacah serta memberdayakan penduduk setempat untuk aktif mengelola kebersihan Kali Ciliwung.

Program tersebut sempat dipuji oleh ibu Ani Yudhoyono karena inisiatif BNI yang membantu Gerakan Cili­wung Bersih yang saat itu bertepatan dengan hari ulang ta­hun­nya.

Ada juga program Biogas Rumah yang didukung dengan mendonasikan 40 unit biogas digester oleh BNI di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Dengan memanfaatkan kotoran sapi, alat biogas digester dapat menghasilkan gas sebagai sumber daya terbarukan untuk kompor rumah tangga.

Dan masih ada program lain seperti program pembangkit listrik pico hidro berkapasitas 2 KW untuk masyarakat terpencil di Desa Mekarjaya, Kawasan Cagar AlamGunung Simpang, Kabupaten Cianjur. Lalu program Kampoeng BNI yang memberikan bantuan permodalan dengan Kredit Kemitraan PKBL dengan syarat lunak, bantuan sarana dan prasarana, capacity building, pendampingan dan pelestarian alam. Serta program Perilaku Hidup Hijau Pegawai (BNI Green Atttitude).

Ternyata program-program tersebut dilakukan oleh BNI dalam rangka menjalankan program Green Banking. Dan diterapkan oleh BNI dalam program BNI Go-Green.

sumber
Harapannya semoga BNI bisa terus memberikan dukungan terhadap seluruh masyarakat Indonesia dalam menjaga kelestarian bumi. Aamiin.

sumber:
http://www.indopos.co.id/2014/06/artha-graha-peduli-bni-go-green-cintailah-bumi-kita.html
http://www.paguyubanbudiasi.com/id/2013/07/bni-lanjutkan-program-go-green.html
http://bni.co.id/id-id/tentangkami/corporatesocialresponsibility/bnigogreen.aspx
http://www.rmol.co/read/2012/07/09/70175/Ibu-Ani-Dadah-dadah-Di-Ciliwung-
https://konservasidasciliwung.wordpress.com/ciliwung-social-responsibility/bank-bni/
https://ervitakurns.wordpress.com/2013/12/24/green-banking-oleh-bank-negara-indonesia-sebagai-wujud-nyata-green-economy-dalam-dunia-perbankan

Ngabuburit Bersih

Ramadhan adalah bulan yang suci karena Allah S.W.T memberikan keistimewaan dalam segala hal di bulan ini. Diantaranya melipat-gandakan pahala ibadah wajib menjadi 70 kali lipat dan memberikan pahala ibadah wajib ke ibadah sunnah yang kita lakukan.

عَنْ سَلْمَانَ الْفَارِسِى رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : خَطَبَنَارَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى اٰخِرِشَعْبَانَ فَقَالَ : اَيُّهَاالنَّاسُ قَدْ اَظَلَّكُمْ شَهْرٌ عَظِيْمٌ مُبَارَكٌ فِيْهِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ اَلْفِ شَهْرٍ جَعَلَ اللهُ صِيَامَهٗ فَرِيْضَةً وَقِيَامَ لَيْلَةٍ تَطَوُّعًا مَنْ تَطَوَّعَ (تَقَرَّبَ) فِيْهِ بِخَصْلَةٍ مِنْ خِصَالِ الْخَيْرِ كَانَ كَمَنْ اَدَّى الْفَرِيْضَةَ فِيْمَا سِوَاهُ. وَمَنْ اَدَّى فِيْهِ فَرِيْضَةً كَانَ كَمَنْ اَدَّى سَبْعِيْنَ فَرِيْضَةً فِيْمَا سِوَاهُ. وَهُوَ شَهْرٌ يُزَادُ فِيْهِ رِزْقُ الْمُؤْمِنِ وَهُوَشَهْرٌ اَوَّلُهٗ رَحْمَةٌ وَاَوْسَطُهٗ مَغْفِرَةٌ وَاٰخِرُهٗ عِتْقٌ مِنَ النَّارِ.(رواه ابن حزيمة)
Artinya : Dari Salman Al-Farisi ra. berkata : Rasulullah saw. memberi khutbah kepada kami di hari akhir dari bulan Sya’ban dan bersabda : “Hai sekalian manusia akan datang bulan yang agung (Ramadhan) yaitu bulan yang penuh berkah di dalamnya. Dalam bulan itu ada malam yang mulia (lailatul qadr)yang lebih utama dari pada seribu bulan. Allah telah mewajibkan puasa di bulan itu, dan shalat tarawih di malamnya sebagai ibadah sunah. Barang siapa yang melakukan kebaikan (ibadah sunah) di bulan itu pahalanya seperti melakukan ibadah wajib dibanding bulan yang lainnya. Dan barang siapa melakukan kewajiban di dalamnya, maka pahalanya seperti melakukan 70 kewajiban dibanding bulan lainnya. Bulan Ramadhan adalah bulan ditambahnya rizki orang mukmin, bulan di awalnya menjadi rahmat, di tengahnya menjadi ampunan dan di akhirnya merupakan kebebasan dari neraka.(HR. Ibnu Huzaimah)
Melihat hal itu, saya dan teman-teman tak mau melewatkan obral pahala yang Allah berikan. Setiap Minggu sore selama Ramadhan, kami datang ke Alun-Alun Kota Bandung untuk GPS (Gerakan Pungut Sampah).

Selain memungut sampah, kami juga mengedukasi warga khususnya anak-anak yang datang ke alun-alun. Caranya? Dengan memberikan penjelasan kepada mereka tentang cara memilah sampah, juga memberikan award berupa buku yang bisa didapat setelah menukarkan 10 sampah daur ulang.

sumber
Tapi karena hari Minggu kemarin minggu pertama kami melakukan kegiatan GPS di bulan Ramadhan, jadi belum begitu banyak antusias warga yang menukar sampah, karena biasanya kami selalu datang tiap Minggu pagi, bukan sore hari.

Harapannya sih semoga kegiatan yang kami lakukan di bulan Ramadhan ini bisa menjadi salah satu ladang ilmu dan pahala bagi semua orang yang terlibat. Karena berbuat kebaikan bisa dengan cara apapun, selama itu tidak melanggar aturan.

ngaBLOGburit 2015

Jadi Cemburu

Seseorang yang selalu memikirkan dirinya sendiri, tiba-tiba berpikir tentang orang lain. Itulah yang terjadi ketika si introver jatuh cinta. Kepada siapa sebenarnya dia menanamkan perasaannya? Ternyata itu pada si ekstrover.

Semakin lama semakin dalam perasaannya, sampai suatu waktu si introver merasakan hal aneh dalam dirinya. Perasaan yang tidak pernah dia rasakan ketika berdiam diri di dalam kamar ataupun membaca novel. Hal yang dia rasakan saat itu benar-benar membuatnya seperti orang bodoh. Angin yang berhembus kencang, malah membuatnya kegerahan. Bukan karena teriknya matahari yang tepat di atas kepala, tapi karena melihat kekasihnya--si ekstrover--mengobrol dengan lawan jenis di depan matanya.

Si introver memaki-maki dirinya sendiri kemudian bertanya pada hatinya, "Gue kenapa sih? Kan tau sendiri mereka cuma teman. Ayo sadar!"

Sebagai seseorang yang mandiri si introver merasa malu, dia tak boleh egois seperti ini. Dia harus sadar bahwa itulah sifat si ekstrover, selalu pandai bersosialisasi sehingga banyak orang yang berada di sekitarnya.

Berkali-kali si introver bertanya pada hatinya, "Apa ini yang namanya cemburu?" Semakin banyak ia bertanya, semakin yakin bahwa memang itulah yang dia rasakan.

Dia benar-benar tak percaya, setelah sekian lama akhirnya tahu cemburu itu seperti apa. Dia bingung, harus merasa bahagia atau merasa malu? Bahagia karena akhirnya dia tahu cemburu itu, atau malah malu karena hal sepele yang menyebabkan itu.

Tapi akhirnya si introver menyadari, bahwa sesungguhnya cemburu adalah konsekuensi dari mencintai si ekstrover.

sumber

Fenomena Lagu RAN

皆さんこんにちわ!

Ya ampun udah lama gue ga ngeblog :( #banyaktugas #jadialasan

Oke, karena ga tau harus bikin kalimat pembuka gimana, kita langsung aja ke topik.

Siapa sih yang ga tau RAN? Setelah single mereka yang judulnya "Dekat di Hati" rilis dan beberapa bulan lalu dinyanyikan oleh boyband asal Korea, 2PM. Nama mereka semakin melejit, apalagi di telinga para kpopers dan para pelaku LDR.
sumber
Ternyata banyak banget yang ngecover lagu ituloh. Gue menemukan satu video yang menarik di youtube. Di video ini ada 3 lagu RAN yang dinyanyikan orang-orang luar negeri. Lucu >,<

Gue paling suka sama orang asal Oman yang ada di menit 2:08. Ganteeenggg.


Dan yang menarik adalah mereka ga baca teks dalam Bahasa Indonesia, tapi teksnya diubah jadi begini...

#SolidarityDay Tribute to Soekarno and Mandela #AAC2015

Masih dalam rangka memperingati Konferensi Asia Afrika, hari Selasa ini diadakan acara bertema #SolidarityDay di komplek taman Pasupati (taman jomlo, taman skateboard dan taman film). Acaranya dimulai dari jam 1 siang - 9 malam.

sumber
Gue sebagai relawan INDIA (INformasi DunIa mAya), tentunya ikut datang ke acara. Yang gue lakukan di sana adalah update tweet sebanyak-banyaknya, karena itulah kerjaan gue yang sebenarnya hahaha. Kerjaan yang simple, tapi cukup merepotkan. Karena gue harus fokus menikmati acara sambil ngetweet.

Acara dimulai dengan pemutaran beberapa film pendek karya anak bangsa. Dilanjutkan dengan sambutan dari pak Ridwan Kamil dan juga ibu Atalia.

Di sela-sela sambutannya, kami semua yang ada di Taman Film diajak nyanyi lagu Indonesia Raya, Ibu Kita Kartini, dan Halo-Halo Bandung. Pak Wali juga ngasih beberapa hadiah ke para hadirin yang bisa jawab pertanyaan.


Ada hal lucu ketika pak Emil ngasih pertanyaan, "Siapa yang bisa menyebutkan 4 negara asia?". Satu orang anak maju ke depan, dan ngejawab, "Amerika, Indonesia, Singapura, Banjarmasin dan Korea."

Mari Pecahkan Rekor Bersama! #AngklungForTheWorld #AAC2015

*putar lagu Halo-Halo Bandung*

Halooo!!! Kamu mau jadi bagian sejarah? Ayo ikut memecahkan rekor bermain 20ribu angklung di acara Asian African Carnaval 2015. Jangan banyak mikir deh!

Segara daftarkan diri kamu. Caranya:



Kamu ga perlu bawa angklung ataupun bayar uang pendaftaran. Kamu tinggal bawa diri aja. Gampang kan? Hayu buruan! Kesempatan kedua itu susah didapat loh.

Oh iya, untuk yang melakukan pendaftaran lewat email, satu email hanya untuk satu pendaftar. Jadi kalau yang ga punya email, silahkan datang langsung ke Saung Angklung Udjo, alamatnya di Jl. Padasuka 118 - Bandung. Batas waktu pendaftaran tanggal 20 April 2015.

Gue kasih 3 keuntungan yang bisa kamu dapet dari ikutan acara ini:

1. Jadi Bagian Sejarah
Walaupun nama kamu ga akan tertulis di buku MURI dan Guinness Book of Record, tapi kamu menjadi penyebab "Rekor Pemain Angklung Terbanyak" itu menjadi terwujud.

2. Kenalan Baru
Pastinya kamu akan dapat banyak teman baru saat bermain angklung nanti. Pacar baru? Bisa jadi.

3. Jadi Terkenal
Hal besar biasanya diekspos dimana-mana. Semua stasiun tv Indonesia dan dunia pasti meliput. Siapa tau kamu disorot dan tiba-tiba jadi terkenal, kan keren! *mimpi*. Kalaupun ngga kesorot, setidaknya kamu bisa bercerita ke anak-cucumu kelak, bahwa kamu menjadi bagian dari acara ini.

Untuk info lebih lanjut, silahkan cek di twitter @angklungudjo dan Saung Angklung Udjo.

Jadi masih punya alasan untuk ga ikut acara keren ini?

Gotong Royong Persiapan KAA #TemuRelawanAAC #AAC2015

Hari penyelenggaraan peringatan Konferensi Asia Afrika sudah di depan mata. Bandung yang selalu menjadi kota tempat pelaksanaan hari peringatan KAA, benar-benar membuat pak Ridwan Kamil dan warga Bandung semakin sibuk mempersiapkan hari peringatan yang diadakan 10 tahun sekali ini.

Gue sebagai orang yang lahir, besar dan tinggal di Bandung, ga mau kalah. Gue ikut berpartisipasi dengan cara menjadi relawan di acara Asian African Carnaval 2015.

Kami para relawan yang telah terdaftar, tanggal 12 April 2015 kemarin, diajak berkumpul di Alun-Alun Bandung. Ada sekitar 1700 orang relawan yang datang. Padahal panitia sudah berkhayal kalau yang datang bisa mencapai lebih dari 5ribu orang, soalnya MCnya bilang kalau makan siang yang disediakan ada sekitar 7ribuan.

Walaupun jauh dari perkiraan, tapi #TemuRelawanAAC ini tetap asyik. Gue ketemu banyak teman baru dari berbagai umur dan kalangan. Seru!

sumber
Sebelum semua relawan kumpul di alun-alun, gue dan para relawan lain berkumpul di tempat yang sudah ditunjuk sebagai tempat kumpul. Ada 6 titik kumpul, salah satunya di SMA Trinitas.

Nunggu relawan yang lain datang? Foto dulu.

Sayembara Konferensi Asia Afrika #RelawanAAC2015

Alohaaa... Dalam rangka menyambut Konferensi Asia Afrika, pak Ridwan Kamil (dibantu warga Bandung) sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan acara ini.

Seluruh masyarakat Indonesia (khususnya warga Bandung) diajak untuk berpartisipasi langsung dalam merayakan acara 10 tahun sekali ini. Salah satunya dengan cara menjadi volunteer di acara KAA yang ke 60 ini. Sayangnya pendaftaran untuk jadi volunteer sudah ditutup bulan lalu.

Tapi jangan sedih! Pak Walikota masih memberikan satu kesempatan kepada semua orang yang ingin ikut berpartisipasi. *drumroll*


Jadi relawan di KAA nanti terbagi atas 6 divisi, yaitu:
  1. Keamanan
  2. Ketertiban Lalu Lintas
  3. Kebersihan
  4. Penyebaran Informasi Event
  5. Pelayanan Informasi Kota
  6. Partisipasi Event
Kamu hanya perlu memberikan nama julukan bagi setiap bagian relawan itu. Kasih nama semenarik mungkin dan yang pasti Bandung banget. Lalu tulis jawabannya di sini.

Gampang banget kan?

Untuk info lebih lengkap, mangga langsung ke: http://bit.ly/namarelawanaac

sumber

MBA? Apakah Sebuah Fenomena?

Dulu waktu SMP, gue berpikir bahwa MBA adalah salah satu klub basket terkenal. Eh, ternyata beda. Yang benar itu NBA (ya walaupun sebenernya NBA bukan nama klub, tapi nama liga bola basket). Sedangkan MBA? Married By Accident.

Sebagai anak yang sekolah di tahun 2000an, gue merasa terkaget-kaget jika ada anak tetangga yang akan menikah. Padahal umurnya sama ataupun lebih muda dari gue. Ternyata eh ternyata, kebanyakan atau hampir semuanya MBA. Mirisss gue lihatnya.

sumber
Teman seangkatan di SMP pun ada yang tiba-tiba menghilang. Setelah mendengar desas-desus, ternyata MBA. Padahal dia anaknya pendiam banget. Kalau ditanya pun ngejawab seperlunya, malah lebih banyak senyum daripada ngomongnya. Diam-diam menghanyutkan.

Menginjak SMK, setiap gue pulang sekolah, gue selalu melihat anak tetangga yang lagi nangkring di atas motor, berduaan di depan rumah kosong tak berpenghuni sambil ketawa-ketiwi. Setelah beberapa lama (kalau ga salah 1-2 tahun), beredar undangan pernikahannya. Gue ngga tau dia MBA atau ngga, yang pasti dia ngga nerusin sekolah dan kalau setiap kali dibonceng sama pacarnya, aduuuh...rapet bener.

Ada juga (adik kelas gue jaman SD) yang menikah, di saat gue sedang pusing menghadapi UJIKOM dan UN dahulu. Sesuatu banget kan? Asal kalian tahu, yang membuat gue menuliskan tentang MBA adalah anak ini. Soalnya tadi pagi saat gue terburu-buru pergi ke kampus, dia dengan badannya yang kurus kecil, sedang menggendong anaknya sambil berjalan ke arah warung. Mirisss.

Anak seumuran dia mah harusnya lagi asyik main ke mall sama teman, ngegosipin kakak kelas yang ganteng, foto selfie sambil monyong-monyong, dan menikmati kegalauan karena gebetan udah punya pacar. Iya ngga sih?

Apalagi tahun 2015 ini, banyak banget berita tentang anak SD yang memamerkan foto mesranya di facebook. Sedih :'(

sumber
Sebagai anak muda dan seorang perempuan, gue sedih banget dengan fenomena ini. Ini sebenarnya salah siapa? Dunia? Agama? Orang tuanya? Pelakunya? Atau mau nyalahin Tuhan?

Memang sih dalam Islam, menikah itu ibadah dan akan mendapat pahala. Tapi kalau MBA mah, pahala nikahnya udah ketutup sama dosa besar yang dilakukan sebelum nikah atuh!

Untuk lebih jelas tentang apa saja yang harus diketahui tentang hamil di luar nikah menurut Islam, check this out.

Masih di Zona Nyaman

Ketika kamu merasa hidupmu biasa-biasa saja, berarti kau sedang berada dalam zona nyamanmu. Cobalah bergerak keluar, cari suasana baru.
sumber
---
Gue merasa sedang berada dalam zona nyaman gue selama ini. Rumah-kampus-rumah-kampus dari pagi hingga malam, membosankan bukan? Gue sudah mencoba untuk mengambil aktifitas lain, seperti mengajar di salah satu sekolah, tapi gue masih belum merasa terlalu tertantang dengan itu.

Sebenarnya gue bukan orang yang penakut untuk mencoba hal baru. Terbukti saat pertama kali pergi snorkeling, gue sangat excited, ga merasa akan tenggelam ataupun dimakan hiu #lebay. Karena gue pakai pelampung dan itu cuma snorkeling (menyelam dangkal) hahaha.

Mungkin yang menjadi faktor utama adalah rasa malas gue terlalu besar untuk meninggalkan zona nyaman ini. Gue lebih suka diam di rumah, menikmati sepi dan suara deru pesawat yang menurut gue itu lullaby song, sambil nonton drama korea di laptop ataupun internetan sampai bosan.

Kalau pun ngumpul atau main ke luar rumah, pasti dengan orang-orang yang sudah akrab. Ya, gue ga terlalu suka untuk menghabiskan waktu di luar rumah dengan orang-orang yang tak dikenal. Bukannya takut, tapi gue bukan tipe orang yang mudah memulai sebuah pembicaraan dengan orang baru. Mungkin gue pemalu? Bisa jadi. Tapi kebanyakan orang bilang gue itu judes.

Masihkah gue dibilang judes dengan senyum selebar ini?

Ah entahlah. Intinya gue sedang merasa bosan. Sepertinya gue butuh liburan atau pergi belanja. Atau ada yang punya ide lain untuk aktifitas yang bisa menghilangkan kebosanan ataupun keluar dari zona nyaman?

Nanti?

sumber
Sekarang masih kita
Nanti, masihkah mungkin?
Bila nanti tidak, apakah harus bersedih?
Bila nanti harus berpisah, bisakah kita saling mempertahankan?

Hati orang siapa yang tahu.
Sekarang iya, besok tidak.
Sulit untuk memprediksi.

Sekarang masih saling setia.
Saling berkorban karena cinta.
Nanti masihkah bisa?
Bilamana tidak, kita bisa apa?

Benci bisa jadi cinta, pun sebaliknya.
Waktu terus berjalan, semua bisa berubah.
Tak ada yang tahu pasti.
Manusia itu dinamis.

write on 10/11/2014

Musim Dingin di Jepang, Ngapain?

Sebagai orang Indonesia asli, pengen banget bisa nyanyi, "Do you want to build a snowman~" sambil main-main salju. Tapi karena negeri tercinta ini masuk kawasan tropis, ya pasti ga akan pernah ketemu salju (kecuali di puncak Gn. Jaya Wijaya). Dan negara terdekat untuk menikmati salju yaitu kawasan Asia Timur, salah satunya Jepang.

Orang kita tentu ga asing dengan negara yang satu itu. Soalnya Jepang pernah menjajah Indonesia dan sekarang banyak banget produk negara matahari terbit itu yang beredar di Indonesia. Selain produk-produknya, Jepang juga punya wisata yang keren di setiap musimnya.

Banyak dari kita yang cuma tahu kalau ke Jepang pasti hanami. Sedangkan ber-hanami itu cuma bisa dilakukan pas musim semi doang.

Jadi kalau liburan ke Jepang cuma pas musim semi aja gitu? Ngga dong!

Gue akan menjelaskan beberapa hal yang bisa dilakukan di Jepang saat musim dingin (冬 [fuyu]).


Menikmati Diamond Dust

sumber
Buat kamu yang ga pengen kedinginan, tapi tetep pengen bisa ngerasain suasana musim dingin, langsung aja datang ke Tokyo Midtown.Tepatnya di Galeria, ada dekorasi yang disebut Diamond Dust. Dekorasi ini terletak di atas kepala kita. Jadi kalau lihat dari lantai satu, kita harus angkat kepala. Kalau kepala pegel, naik aja ke lantai dua. Ga perlu angkat-angkat kepala lagi deh, tinggal nengok aja.

Diamond dust ini cuma ada sampai tanggal 25 Desember alias pas winter aja. Jadi spesial banget!


Pergi ke kebun binatang

Ke kebun binatang pas cuaca panas udah biasa kan? Ini nih yang ga ada di Indonesia. Kebun binatang musim dingin.

sumber

Birthday Cake For Them

"Orang tua akan tetap sayang kepada anaknya, bagaimanapun perlakuan anak terhadap mereka."

Sebagai anak yang belum bisa ngasih apa-apa buat orang tua, gue bertekad, tahun ini di hari ulang tahun bapak dan bunda, gue akan beli kue. Mungkin ini sangat sederhana, tapi bagi seorang mahasiswi yang cuma dapet pemasukan dari orang tua, hal ini cukup sulit.

Gue harus merelakan sebagian uang jajan untuk ditabung. Karena tanpa nabung, beli kue yang standarnya cuma seratus ribu itu, entah kapan akan ke beli. Kalau bisa sih nanti beli kuenya yang bermerk dan agak mahal sedikit.

Alasan gue pengen ngasih mereka kue, karena sepertinya gue belum pernah ngasih mereka hadiah di hari ulang tahunnya. #anakgataudiri

Semoga gue bisa membahagiakan mereka terus, walau cuma secuil dan dicicil. Aamiin.
sumber
---
Postingan ini diikutsertakan dalam #evrinaspGiveaway: Wujudkan Impian Mu

Ayo Wujudkan! #1Day1Dream

Pertama-tama gue mau bilang terimakasih sama Kancut Keblenger, yang udah membuat gue memutar otak mencari ide supaya bisa ikut tantangan #1Day1Dream ini sampai selesai. Tanpa tantangan ini, blog gue tak seramai biasanya.

Jadwal hari terakhir ini yaitu, "Menuliskan kembali satu mimpi yang akan diwujudkan tahun 2015, diambil dari mimpi yang telah diikutkan dalam project ini."

Mimpi yang gue tulis di postingan Snorkeling, I'm Ready! alhamdulillah udah tercapai, berkat ngumpulin uang jajan dan izin orang tua.
Ini buktinya :D

Mimpi lain yang pengen gue wujudkan tahun ini yaitu Donor Darah di PMI. Untuk mencapai mimpi ini, gue udah buat rencana dengan seseorang untuk menemani dan ikut dondar juga. Kalau ga ada halangan, sepertinya bulan depan gue udah bisa mewujudkan ini.

Gue keukeuh (baca: pengen banget) untuk bisa donor darah di PMI, karena layaknya makan sushi di negara sendiri, pasti rasanya jauh lebih nikmat makan di tempat asalnya. Suasananya pasti beda.

Buat semua, hayu atuh donor darah! Karena membantu sesama bisa dengan cara apa aja. Kalau tak punya harta, dengan cara menyempatkan sedikit waktu dan sedikit darah, banyak orang yang bisa kita selamatkan nyawanya loh.

His Dream #1Day1Dream

Gue ga ngerti sama laki-laki yang rela begadang demi nonton pertandingan klub sepak bola kesayangannya. Padahal besoknya sekolah, kuliah ataupun kerja. Dia (seorang laki-laki yang sudah dekat bertahun-tahun) pun sering melakukan hal itu.

Sebagai perempuan yang pengertian, gue ga mempermasalahkan itu, cuma mempertanyakan aja. Kenapa rela begadang, cuma demi siaran langsung sepak bola? Kenapa sih?

Saat gue tanya apa impiannya, eh ternyata ga jauh-jauh dari klub favoritnya itu. Dia bilang, "Pengen ke Milan, buat nonton pertandingan AC Milan."

Kalau gue jadi dia, gue akan berusaha mewujudkan mimpi itu, tapi mungkin ngga dengan begadang.

Jadi..buat para lelaki, khususnya kamu, please ga usah begadang demi nonton bola. Kasihan tuh badan, rusak dari dalam. Tapi teruslah berusaha dan perjuangkan mimpi-mimpi mu itu. Semoga terkabul, aamiin.

Winda, Seorang Ibu Penulis Novel

"Dimulai dari mimpi besarnya: ingin dapat ridho Allah. Caranya: mewujudkan mimpi yg lebih kecil: hidup bahagia dengan kualitas ibadah yg baik. Cara mewujudkan mimpi hidup bahagia: mewujudkan mimpi-mimpi yangg lebih kecil: ngasih manfaat ke orang banyak, jadi orang tua yangg baik, bisa jaga kesehatan, bisa berkarya sebanyak2nya, dll."

Begitulah  jawaban Winda, seorang ibu penulis novel ketika gue tanya tentang mimpinya. Mimpi yang sepertinya sederhana, tapi menurut sebagian orang, itu mungkin cukup sulit.

Gue salut sama ibu yang satu ini. Selain udah punya banyak karya, dia juga aktif ngeblog di http://www.emakgaoel.com. Jarang banget kan seorang ibu dua anak yang bisa aktif di medsos, tapi keluarga tetep terurus. Keren!

Kalau gue jadi dia, belum tentu bisa. Tapi nanti gue berusaha untuk menjadi lebih keren dari ibu Winda. Hahaha :D

"Mimpi itu buat aku kompleks banget, karena gak bisa dibuat dalam satu bakul." - Winda

sumber

Si Programmer Perempuan #1Day1Dream

Karena dulu sekolah di SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) yang setiap hari kerjaannya ngoding, menjadikan dia satu-satunya perempuan di kelas yang meneruskan ngoding untuk menyambung hidup, alias jadi programmer.

Dulu gue dan dia ngelamar kerja bareng ke perusahaan IT, dan karena suatu alasan, ternyata dia yang keterima. Gue ga menyesal, malah bersyukur. Apalagi setelah setahun dia kerja di sana, kantung matanya makin gede. Hahaha. Bukannya seneng dia jadi ada kantung matanya, tapi gue seneng karena bukan gue yang di posisi dia :))

Waktu itu di kelas cuma ada 10 perempuan dari total 32 siswa, itulah penyebab gue, dia dan teman perempuan yang lain jadi akrab. Kami udah seperti saudara, pokoknya tak terpisahkan.
Dia (kerudung biru tua) yang di sebelah kanan gue.
Setelah 2 tahun lulus dari sekolah, gue penasaran sama mimpi ibu programmer yang satu ini. Pengen jadi dan punya apalagi sih dia? Setau gue, dulu dia pengen pergi ke Jepang juga. Sekarang, setelah di tanya, ternyata dia pengen jadi pengusaha.

Mendengar jawabannya itu, gue cuma senyum-senyum sendiri. Serius nih? :)) Ga nyangka aja, seseorang yang dulunya susah mengambil keputusan, tiba-tiba bermimpi pengen punya usaha sendiri di bidang IT. Mungkin dia telah berubah, alhamdulillah.

Walaupun sepenglihatan gue selama ini sih, dia belum berubah sepenuhnya. Tapi semoga mimpinya bisa terwujud. Aamiin.

Oh iya, gue belum ngasih tau nama dia siapa. Perkenalkan, teman seperjuangan - teman curhat - teman pengagum kakak kelas, Wita.

Pakde, Penulis dan Blogger Sejati #1Day1Dream

Pakde, begitu orang-orang yang ada di facebook memanggilnya. Ya sesuai dengan panggilannya itu, pakde adalah seorang kakek yang aktif banget ngeblog dan menulis. Semangatnya itu sering beliau tularkan ke anak-anak muda seperti gue ini, lewat tulisan di blog ataupun facebook.

Saat pertama kali tahu bahwa umurnya tak muda lagi, gue takjub. "Keren nih ada kakek-kakek ngeblog", ujar gue saat itu.

Kekerenannya bukan hanya itu. Pakde yang bernama asli Abdul Cholik ini ternyata udah menerbitkan banyak buku. Wow! Gue mah kalah :(
Ini baru dua buku yang keliatan. (sumber)
Karena gue penasaran plus mumpung ada project #1Day1Dream ini, gue tanya aja apa impian beliau di umur yang udah lebih dari setengah abad itu. Dan jawabannya adalah... *drum roll*

"Saya ingin menerbitkan novel yang bagus, syukur jika difilmkan."

Atulaaah.. Keren banget pakde yang satu ini. Ga kalah sama anak muda. Padahal beliau udah punya banyak buku yang diterbitkan, tapi masih belum cukup. Karena katanya buku-buku yang dia tulis kebanyakan artikel biasa. Jadi dia tertantang untuk nulis novel. Walaupun ga gampang, tapi itu merupakan tantangan dan peluang, gitu katanya.

Huaaah, gue sebagai anak muda merasa gerah ngeliat pakde begitu bersemangat. Gue pengen banget menyaingi pakde, tapi.. terlalu banyak tapi dan nanti :(( #ProblemAnakMuda Masih ada hari esok #PrinsipAnakMuda

Untuk Pakde, semoga impiannya itu bisa segera terwujud. Terimakasih untuk semangat yang terus diberikan ke junior-juniornya. Maaf kalau tulisannya ada yang ga enak di hati ya *sungkem*

Buat kalian yang penasaran sosok luar biasa itu, bisa langsung mampir ke http://abdulcholik.com

Bunda Ingin Naik Haji #1Day1Dream

Ini bukan tentang sinetron baru. Ini tentang keinginan seorang Ibu yang pengen banget pergi haji.

Sebagai seorang anak, gue pengen banget mewujudkan impian bunda itu. Tapi sekarang belum bisa. Gue baru bisa beliin bakso seporsi :(

Bunda pernah bilang, katanya dia pengen nabung untuk biaya haji. Tapi rezeki yang alhamdulillah cukup untuk satu bulan hidup keluarga kami, belum bisa disisihkan untuk tabungan haji. Sebagai anak, gue sedih. Ingin rasanya cepat-cepat dapet pekerjaan tetap, biar bisa segera mewujudkan impian bunda dan bapak juga.

Yang bisa gue lakukan sekarang hanya rajin kuliah dan terus berdo'a. Semoga keluarga kami diberi umur panjang, biar gue bisa memberangkatkan haji mereka pake hasil keringat gue sendiri. Aamiin

Bunda.

Primadita Menghafal Asmaul Husna #1Day1Dream

Kakak cantik finalis World Muslimah bernama Primadita ini adalah pemilik blog http://theprimadita.blogspot.com.

Di salah satu postingannya (bisa dibaca di sini) dia menargetkan bulan Oktober tahun ini bisa hafal Asmaul Husna dan Juz 'Amma. Gue punya cerita, yang mungkin bisa ditiru sama kak Primadita.

Dulu waktu di SMK, sebelum pelajaran pertama di mulai, para siswa diwajibkan membaca Asmaul Husna dan mengaji Qur'an, diusahakan sampai khatam. Karena tiap hari baca, alhamdulillah, mungkin hanya dalam waktu 2 bulan, gue udah hafal Asmaul Husna.

Al-Qur'an pun hatam dalam waktu 3 tahun. Lama ya? Ya namanya anak muda, dulu sering bilang udah kalau ditanya "Udah baca Qur'an belum?" sama guru. Hehe jangan dicontoh ya!

Jadi buat kak Primadita, coba tiap bangun tidur dibaca Asmaul Husna-nya. Ya sekalian ngumpulin nyawa buat bangun gitu. Insyaallah cepet hafal.

Baca Asmaul Husnanya juga pake nada. Gue dulu juga ngikutin nada Asmaul Husna dari ESQ (cek di sini). Alhamdulillah, sampai sekarang masih hafal walaupun udah jarang dibaca.

Kalau untuk menghafal Juz 'Amma, gue juga ga tau, soalnya sampai sekarang belum hafal juga :( Mungkin salah satu caranya, setiap surat yang udah dihafal dibaca pas waktu shalat.

Semangat kak!

Hanami di Bogor

Bulan mekarnya Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas sekitar Januari-Februari dan Agustus-September. (sumber)

Sebagai seseorang yang excited banget dengan hal-hal yang berbau Jepang, pengen banget bisa melakukan dan merasakan bagaimana rasanya ber-hanami di bawah pohon Sakura.

Pengennya sih bisa ngerasain langsung di negara asalnya, tapi apalah daya seorang mahasiswi yang cuma dapet pemasukan dari orang tua ini? :( Mungkin butuh nabung bertahun-tahun untuk bisa sampai Jepang, kecuali kakak Pergi Dulu mau ngajak dan ngongkosin. #ngarep

Tapi berkat adanya Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas Bogor, sepertinya mimpi untuk melakukan hanami bisa segera terwujud. Ya walaupun dengan rasa Indonesia, tak apalah. Yang penting bisa lihat wujud asli bunga Sakura. Itung-itung latihan sebelum ke Jepang.

Sakura di Kebun Raya Cibodas. (sumber)
Seperti yang ditulis sebelumnya, bahwa Sakura di Indonesia mekar 2 tahun sekali. Dan yang mesti kalian tahu, ternyata waktu mekarnya pas banget dengan liburan kampus. Yippiii! ~\o/~

Bulan Februari nanti sebenarnya ada libur, tapi kayanya ga memungkinkan untuk pergi ke Bogor. Karena kalau terlalu mendadak, masalahnya ada di dana dan izin orang tua. Jadi kayanya gue akan pergi di waktu mekar ke-dua, sekitar bulan Agustus. Biar bisa ngumpulin uang dan meminta izin pergi dari sekarang.

Semoga bunda dan bapak mengizinkan anak sulungnya ini bisa berfoto selfie di depan pohon Sakura. Aamiin.

Rencana pergi menikmati Sakura ini udah diobrolin dengan beberapa teman dekat. Komentar mereka banyaknya sih negatif. Katanya mereka lebih suka pergi ke pantai daripada taman. Apalagi setelah ada kejadian pohon tumbang yang memakan korban di Kebun Raya ini, mereka makin ogah diajak.

Rasanya ditolak itu sedih banget :( Tapi kalau Mbak Susan dan Mas Adam memberikan kameranya #ngareplagi, gue berjanji akan memaksa teman-teman, terutama doi supaya ikut menemani pergi ke Bogor. Karena kalau pergi sendiri pasti ga boleh :( #deritaanakcewe.

Kalau teman-teman ga mau ikut juga, demi bunga Sakura yang mekar 2 tahun sekali, gue paksa Bunda buat pergi berduaan ke Bogor. Semangat! (^_^)9

Rissa, Rainboelly Novel #1Day1Dream

"Impian gue adalah ingin tulisan gue diterbitkan."

Begitu tulis seorang perempuan cantik bernama Rissa di salah satu postingannya (bisa dilihat di sini).

Menjadi seorang penulis mungkin impian banyak orang, termasuk gue. Setelah baca beberapa novel, ingin rasanya punya buku yang tertulis nama kita di sampulnya.

Ternyata kak Rissa pun pengen punya novel yang ga kalah keren dari novelnya Raditya Dika. Bahkan dia udah punya naskah novelnya. Keren banget.


Tapi entah kenapa, katanya dia belum ngirim naskahnya itu ke pernerbit. Sayang banget kak :(

Saran buat kak Rissa, coba deh kirim naskahnya! Kalau belum tembus penerbit, coba revisi lagi. Tapi kalau udah ngebet pengen punya buku, coba ikutan kompetisi menulis buku antologi. Di facebook banyak loh yang ngadain.

Aku juga pernah ikutan. Ya, walaupun nantinya ga diterbitin sama penerbit mayor, setidaknya kalau naskah kita kepilih, kan bisa jadi pemacu semangat buat nulis naskah yang lebih keren lagi.

Semangat kak! Aku tunggu novelnya dipajang di toko buku :)

Safira Pemilik Rumah Makan #1Day1Dream

Safira, perempuan cantik asli Bandung dan hobinya foto-foto ini adalah pemilik blog http://shaacchan.blogspot.com. Salah satunya mimpinya yaitu pengen punya rumah makan yang ngalahin rumah makan padang. Cerita lengkapnya bisa dibaca di sini.


Jadi nanti Safira ini pengen punya rumah makan yang menu utamanya Nasi Tutug Oncom. Misinya terhadap nasi tutug oncom ini adalah memperkenalkannya pada dunia. Bagi yang belum tau penampakannya, ini nih..
sumber
Nasi tutug oncom ini adalah nasi hangat yang dicampur dengan oncom. Rasanya? Enaaak pisan.

Seperti yang dia tulis di postingannya, kalau belum banyak yang tahu tentang makanan yang satu ini. Jadi kalau dia bermimpi pengen memperkenalkan masakan ini, kayanya bakal sukses deh.

Buat Safira, ayo wujudkan mimpi ini! Kita perkenalkan masakan Sunda ke seluruh dunia! Hidup nasi tutug oncom! Hohoho

Christina Want Be A Teacher #1Day1Dream

Jadi guru adalah mimpi gue, dan juga kakak yang satu ini, Christina namanya. Perempuan cantik ini pemilik blog http://lebailabiel.blogspot.com

Gue ga kenal dia sebelumnya dan ga tau apa-apa tentang dia. Tapi karena dia punya beberapa mimpi yang sama, akhirnya gue putuskan untuk membahas salah satunya.

Maafkan nyomot foto sembarangan, hihi
Setelah gue kepoin blognya, ternyata kak Christi ini seorang mahasiswi akuntansi. Mimpinya untuk menjadi seorang guru udah tertanam sejak SD dan makin mantap menginjak SMP. Untuk lebih lengkapnya, bisa dibaca di sini.

Kak Christi tulis di postingannya, “Saya mau jadi guru kayak ibu guru yang ngasih kita ilmu tanpa lelah."

Ya jadi guru itu memang melelahkan #curhat. Kalau besok paginya ngajar, malam sebelumnya itu harus nyiapin materi buat disampaikan ke murid-murid. Belum lagi kalau UTS atau UAS, harus bikin soal. Dan faktanya, bikin soal itu lebih rumit daripada jawab soal. #curhatlagi.

Tapi yang gue suka menjadi seorang guru itu adalah banyak yang ngedo'ain dan ngasih perhatian. Bukannya gue kurang perhatian loh! Tapi seneng aja, setiap pulang sekolah selalu ada yang bilang, "Hati-hati di jalan ya bu" :') Bahagia banget deh dengernya.

Buat kak Christi, semoga impian untuk menjadi seorang pengajar segera terwujud. Walaupun nanti pastinya banyak rintangan, kakak pasti bisa. Apalagi udah pernah jadi asisten lab dan cantik, anak-anak pasti seneng belajar sama kak Christi :D Semangat!

Mimpi Syifa #1Day1Dream

Pemilik blog http://asysyifaahs.blogspot.com itu ternyata seorang gadis SMA asal Cililin yang (setelah gue kepoin) ternyata punya banyak kegiatan dan punya banyak mimpi. Namanya Syifa.

Ada satu mimpinya yang dulu menjadi mimpi gue juga, yaitu dapat izin pergi kesana-kemari sendirian. Postingannya bisa dibaca di sini.

Sebagai anak remaja perempuan, pergi kemanapun harus selalu dapat izin dari orang tua. Mau jalan-jalan, kerja kelompok dan kegiatan lainnya, semuanya harus dapet izin. Agak ribet memang.

Sering muncul pertanyaan, "Kenapa sih ga boleh?", kalau ibu dan bapak ga ngasih izin buat pergi. Kadang pengen berontak dan seringnya ngedumel dalem hati. Tapi anak perempuan bisa apa? Kalau tidak, ya tidak.

Gue sih positive thinking aja. Itu adalah tanda sayang mereka.

Sampai sekarang, gue juga belum boleh pergi jauh sendirian. Paling jauh pergi sendiri, cuma ke rumah teman yang jaraknya 1 jam kalau ditempuh pakai angkot.

Tapi semenjak gue lulus SMK, yang dulunya ga boleh pergi jauh ke luar kota walaupun ada yang nemenin, sekarang udah boleh. Asal tetep ada teman pergi.

Well, semuanya memang butuh waktu. Anak perempuan jauh beda dari anak laki-laki, apalagi dalam urusan pergi jauh-jauh gini.

Buat Syifa, sabar aja. Ada saatnya orang tua kamu ngasih izin buat pergi jauh sendirian. Terus yakinkan dan buktikan ke orang tua kamu, kalau kamu bisa dipercaya. Setelah dapat kepercayaan dari mereka, dijaga! Jangan sampai mereka jadiin kamu tahanan rumah.

Pergi Ke Tanah Suci #1Day1Dream

Seperti seluruh umat muslim di dunia, gue pengen menginjakan kaki di Mekah. Tujuannya untuk menyempurnakan rukun islam yang lima itu. Walaupun naik haji hanya diperuntukan bagi yang mampu, gue akan berusaha untuk menjadi seseorang yang mampu itu.

Pengennya sih, gue bisa pergi ke tanah suci bareng orang-orang tersayang. Tapi entahlah. Semuanya Tuhan yang ngatur. Gue sebagai manusia cuma bisa berusaha, untuk bisa pergi dan memberangkatkan kedua orang tua gue dulu, sebagai hadiah telah merawat gue selama hidupnya. Semoga impian gue ini bisa tercapai. Aamiin.

Targetnya sebelum usia 35 tahun, gue udah bisa memberangkatkan bunda dan bapak ke Mekah. Semoga gue diberi rizki yang banyak dan kedua orang tua diberi umur panjang serta sehat. Aamiin.

Selain berusaha dalam materi (baca: ngumpulin duit), gue akan terus berdo'a biar bisa pergi dan pulang jadi haji mabrur nantinya.

sumber

Mencapai Ketinggian #1Day1Dream

Setelah bermimpi untuk bisa snorkeling (alhamdulillah baru aja terwujud), gue juga punya mimpi untuk bisa mencapai puncak gunung. Gunung mana? Sama seperti kebanyakan orang, Bromo. Mainstream ya? Biarlah.

Alasan gue pengen ke sana adalah pemandangan dan pengalaman. Setidaknya, sekali seumur hidup pernah mendaki Bromo, biar ada cerita ke anak-cucu. Dan juga dalam rangka explore Indonesia, biar kekinian :D

Targetnya sih sebelum pergi ke Jepang (target tahun 2020) gue udah mencapai Bromo. Tapi maksimal tahun 2025 gue udah di Bromo. Usaha yang dilakukan untuk bisa mencapai sana adalah ngajar dengan rajin, biar gajinya bisa ditabung. Hoho.

Do'akan gue berhasil mencapai Bromo ya! Ada yang mau bareng?

sumber

Beli Kue #1Day1Dream

Ini mimpi yang paling simple sih, tapi..terlalu banyak tapi untuk dilakukan, yaitu beli kue untuk ulang tahun bapak ataupun bunda. Apalagi sebagai mahasiswi yang cuma dapet pemasukan dari ortu. Rasanya sayang banget buat beli sesuatu, padahal cuma setahun sekali, dan itupun buat menyenangkan hati ortu.

Rasanya, selama menjabat sebagai anak ,baru sekali gue memberikan kue ulang tahun pada mereka. Itupun entah berapa tahun lalu. :(
sumber
Jadi sebagai anak yang ingin selalu berusaha membahagiakan kedua orang tua, tahun ini gue akan membeli kue ulang tahun di masing-masing hari lahir mereka. Setidaknya satu kue untuk mereka berdua deh.

Mungkin gue belum bisa memberikan uang ataupun tiket pergi naik haji, tapi semoga mereka tetap bahagia. Ya walaupun cuma kue.

Shalat di Masjid #1Day1Dream

Pasti bingung kan? Kenapa mimpi gue pengen shalat di masjid?

Gue pengen banget shalat di masjid Al-Irsyad. Kenapa? Karena masjid ini adalah masjid yang dirancang oleh pak Ridwan Kamil. Letaknya di Kota Baru Parahyangan, Padalarang.

sumber

sumber
Desainnya keren kan? Pasti nyaman banget berlama-lama di masjid itu. Adem...

Gue bertekad, sebelum 2015 berakhir, gue sudah pernah shalat di masjid itu. Kalau bisa sih di-imam-in seseorang. *uhuk*

Disayang Murid dan Lebih Baik #1Day1Dream

Menjadi seorang guru adalah mimpi gue semenjak duduk di bangku SMP. Entah kenapa, gue pikir jadi guru itu enak. Jam kerja ngikut anak sekolah. Bisa dibilang anak sekolah libur ya ikut libur.

Alasan itulah yang membuat gue untuk memantapkan diri menjadi seorang guru. Dan akhirnya menerima tawaran yang diberikan seorang teman untuk ngajar di salah satu SMK. Gue yang kemaren masih kuliah semester 2, ngomong dalam hati, "Masa lulusan SMK ngajar anak SMK? Bisa apa gue?"

Karena dipaksa, akhirnya gue mau dan menjabatlah menjadi seorang guru dan dipanggil Ibu oleh anak-anak yang umurnya cuma beda 1 sampai 2 tahun itu. Gue merasa sangat tua sekali.

sumber
Setelah menjabat sebagai guru selama 1 semester ini, banyak keluh kesahnya. Ternyata jadi guru itu ga cuma seperti yang gue tulis sebelumnya. Jadi guru itu ribet. Harus menyiapkan dan menguasai materi ajaran yang akan diajarkan ke murid-muridnya.

Gue yang so sibuk, susah banget ngatur waktu buat itu. Gue merasa gagal jadi guru. Apalagi setelah memeriksa nilai anak-anak yang aduuuh bikin kecewa. Sedih :'(

Mulai semester ini hingga seterusnya, gue akan mulai memperbaiki sistem mengajar dan pembagian waktu. Supaya gue dan semua murid gue sama-sama sukses. Gue berusaha untuk terus istiqamah dan terus memperbaiki diri.

Walaupun jadi guru itu sulit dan kadang bikin frustasi, but I'm feeling so happy. Gue merasa disayangi sama mereka (bukan berarti gue kurang kasih sayang loh!), karena selalu ada aja anak yang bilang, "Hati-hati di jalan ya bu" ataupun "Ibu kenapa diem aja? Sakit?".

Bahkan kemarin liburan pun, ada satu murid yang sms, "Ibu gimana kabarnya? Sehat kan?"

Gue akan terus berusaha menjadi seorang guru baik yang cantik, agar makin disayang murid. Yosh! Ganbarimasu!
sumber

Trinity, Si Wanita Nekad Travelling #1Day1Dream

Pernah denger nama Trinity? Ituloh yang nulis buku yang judulnya The Naked Traveller?

Ternyata, Trinity itu adalah seorang wanita asal Sukabumi. Nama aslinya? Ini masih menjadi misteri! *musik horor* Tak ada yang tahu, kecuali kerabat dekatnya.

sumber

Menurut wikipedia, Trinity sudah mengunjungi  berbagai tempat di Indonesia dan 68 negara. Wow! Dan perjalanannya itu kebanyakan dia lakukan sendiri dengan gaya backpacker. Kereeen!

Dia pernah bertekad untuk keliling dunia selama setahun. Dan impiannya itu terwujud dan telah dilaksanakannya di bulan Oktober 2012 - Oktober 2013. Perjalanannya itu dia tulis dalam bentuk buku.

Gue yang baru baca satu buku karyanya, excited banget. Tulisannya bener-bener lucu dan membuat gue jadi pengen travelling juga. Semoga gue bisa! Aamiin.

Wanita Warna-Warni, Dian Pelangi #1Day1Dream

Dian Pelangi, desainer wanita Indonesia. Usaha-usahanya untuk membuat wanita berhijab tidak dipandang sebelah mata lewat pakaiannya, telah membuatnya melanglang buana ke berbagai negara.

Dian yang bersekolah di jurusan tata busana saat SMK, semakin membuat bakat mendesainnya terasah. Sekarang, siapa yang tak kenal Dian Pelangi?

sumber

Impiannya untuk menggelar fashion show di Amerika, akhirnya terwujud di bulan September 2014 lalu. Kesempatan itu dia dapat setelah sebelumnya mengadakan fashion show di London.

Dan keinginan Dian yang lain adalah ingin menjadikan Indonesia kiblat busana muslim dunia. Semoga itu bisa terwujud, melihat Indonesia memiliki penduduk mayoritas muslim walaupun bukan negara Islam. Aamiin.

Semangat Dian patut ditiru. Kita juga harus bisa mengharumkan nama Indonesia di mata dunia, lewat bidang yang lain. Semangat!

IU, Solois Imut Korea #1Day1Dream

Imut dan cantik. Dua kata itu yang gue pikirkan saat pertama kali melihat penyanyi solo wanita asal Korea ini. Namanya IU. Dia pernah berperan sebagai Kim Pil Suk di drama Dream High.

Banyak sekali prestasi yang telah diraihnya, berkat suara emasnya itu. Dia juga terkenal sebagai idola yang baik dan rendah hati. Terbukti saat di karpet merah ajang MAMA 2014, dia memakai gaun seharga US$ 25 atau sekitar Rp 308 ribu.


Salah satu impian IU sejak dulu adalah ingin sekali berduet dengan salah satu idolanya yaitu boyband senior, g.o.d.

Mimpi Besar Einstein #1Day1Dream

Albert Einstein bertekad untuk membuka tabir misteri yang menyelimuti keagungan dan kebesaran alam, cuma gara-gara diberi hadiah kompas oleh ayahnya saat ia sedang sakit.

Keren ya, anak umur 5 tahun udah punya mimpi menakjubkan seperti itu. Kita aja yang udah bisa dibilang dewasa, sepertinya ga pernah bermimpi seperti itu. Beliau memang beda. 

Berkat mimpi besarnya itu, dia berhasilkan menemukan rumus E = mc2 yang lebih dikenal dengan nama "Teori Relativitas". Teori itu tentunya kita pelajari dan dipakai sampai sekarang.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari Einstein yaitu kita harus berani bermimpi, dan terus berusaha untuk mewujudkannya. Buktikan pada setiap orang yang dulu sering menertawai mimpi kita itu. Karena semua mungkin di dunia ini.

sumber

Bandung dan Ridwan Kamil #1Day1Dream

Siapa yang tak kenal Ridwan Kamil? Ituloh walikota Bandung periode sekarang. Jangan sirik sama kami warga Bandung yaa~

Ini saat pak walkot menerima penghargaan dari KPK. (sumber: ig @ridwankamil)
Semenjak pak Emil (nama panggilan dari Ridwan Kamil) jadi walikota. Bandung benar-benar jadi Kota Kembang lagi. Semua taman dibenahi dan ditanam bunga warna-warni. Hampir semua aspek dibenahi dan sudah mulai membaik.

Sebelum menjadi walikota, ternyata pak Emil itu udah punya mimpi untuk membenahi kota kelahirannya ini. Dia ingin Bandung menjadi kota yang nyaman untuk dijadikan tempat tinggal, bukan menjadi kota yang ditinggal pergi warganya.

Perpustakaan Pribadi #1Day1Dream

Dari dulu gue udah seneng baca komik-komik Jepang. Menginjak remaja, mulai seneng baca novel yang dipinjem dari perpustakaan sekolah. Lama-lama, karena pengen punya novel sendiri, ngumpulin uang dari sisa uang jajan demi beli novel. Selain dari uang jajan, gue juga sering ikutan kuis berhadiah novel gratis.

Sekarang, entah sudah berapa banyak novel yang gue dapet dari hasil ikutan kuis. Ditambah novel beli sendiri, jadilah banyak koleksi novel gue. Hehe. Gue ga tau ada berapa tepatnya jumlah novel yang gue punya, mungkin baru 50 buku. Yang pasti lemari kecil di kamar udah penuh.

Intinya sih, keinginan membaca dan keinginan membeli novel sama besar. Jadi butuh lebih banyak ruang untuk menyimpan koleksi gue itu.

Targetnya, jika nanti sudah menikah dan punya rumah sendiri, gue akan menyediakan satu ruangan yang berfungsi sebagai ruang perpustakaan. Supaya buku-buku punya tempat tersendiri dan keliatan lebih rapih.
sumber

Wisata Halal Cheria Travel

Di tahun baru ini gue punya rencana untuk bisa jalan ke beberapa daerah dan bisa pergi ke Jepang maksimal tahun 2020. Well, gue pun cari-cari tour yang menyediakan perjalanan asyik. Dan ada satu yang menarik perhatian gue, yaitu Cheria Tours and Travel.
Di profilenya mereka menuliskan, "PT. Cheria Tours and Travel.  Biro Perjalanan dan Penyelenggara Haji ONH PLUS dan Umroh serta Tour Wisata Muslim."

Tour Wisata Muslim? Menarik nih! Gue baru liat ada agen travel yang menyediakan paket wisata muslim begini. Karena penasaran, gue ubek-ubek tuh websitenya. Gilaaakkk! Kompliiittt! *kalap*

Perjalanan gue nanti kayanya mesti ikut tour mereka deh. Soalnya mereka nyediain perjalanan yang gue pengen juga.

Mereka menyediakan paket tour wisata dalam negeri (ke seluruh kota di Indonesia), selain itu ada juga wisata ke beberapa negara Asia, Amerika, Australia, Afrika dan Eropa. Bener-bener komplit ke seluruh penjuru dunia. Sampai paket tour nonton MotoGp di Sepang Malaysia dan paket wisata ke Palestina pun ada. Maaakkk pengen... :'(

Selain komplit, tentunya paket tour mereka halal banget deh untuk orang-orang muslim. Soalnya, mereka akan membawa kita ke tempat makan halal dan masjid-masjid lokal, dan tentunya sudah mengatur jadwal shalat wajib di sela-sela wisata, sekalipun itu bukan di negara Islam. Keren kan?

Khatam Al-Qur'an #1Day1Dream

Salah satu kewajiban seorang muslim yaitu membaca Al-Qur'an. Gue sebagai seorang muslimah tentunya harus melaksanakan itu.

Gue emang udah pernah khatam Al-Qur'an sebelumnya, dan mulai membaca lagi dari awal. Tapi rasanya udah lama belum khatam lagi. Jujur, gue jarang banget baca Al-Qur'an. Oleh karena itu, gue menargetkan sebelum bulan puasa tahun ini, gue sudah khatam (lagi).

Caranya gue akan mengintensifkan membaca Al-Qur'an tiap selesai shalat fardhu yang lima waktu, biar cepet khatam dan bisa mulai dari awal lagi, siapa tahu jadi hafal. Semoga gue bisa istiqamah. Aamiin.
sumber