BNI Go-Green Untuk Indonesia

Bing beng bang yok kita ke bank
Bang bing bung yok kita nabung
Tang ting tung hey jangan dihitung
Tau tau kita nanti dapat untung

Masih ingat dengan lagu "Menabung"? Dulu gara-gara lagu itu saya mendadak rajin menabung, walaupun seminggu kemudian celengan yang dipakai buat menabung itu dibongkar lagi karena tak tahan ingin membeli mainan di sekolah.

Anak-anak yang lahir tahun 80-90an, pasti pernah punya celengan tanah liat yang bentuknya ayam atau stroberi. Iya kan? Sekarang sih tak usah repot-repot beli celengan seperti itu lagi. Sudah banyak bank-bank yang bersedia menyimpan dan mengamankan uang kita, salah satunya BNI (Bank Negara Indonesia).


Sebagai bank pertama yang dimiliki negara Indonesia, sudah banyak prestasi yang diraih juga penghargaan yang didapatkan dan oleh BNI. Salah satunya yaitu Indonesia Green Company Award di tahun 2012.

Kita sering mendengar berita bahwa lapisan ozon di bumi kita sudah semakin menipis karena polusi udara yang terus meningkat. Untuk meringankan beban itu, ternyata BNI bekerja sama dengan pihak pemerintah Banda Aceh dalam membangun Taman Kota Trembesi BNI. Taman itu adalah sebuah fasilitas hutan dan taman kota seluas 1,5 hektar yang berlokasi di kota Banda Aceh. Selain di Banda Aceh, BNI juga telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo dan Universitas Udayana dalam mengembangkan hutan-hutan kota untuk mendukung terciptanya ruang terbuka hijau di perkotaan.

Pada tahun 2013 pun, BNI bersama pemerintah Kabupaten Tangerang melakukan penanaman pohon di kompleks perkantoran Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang dalam rangka mendukung program penghijauan one billion Indonesia trees (Gerakan Satu Juta Pohon Indonesia) yang dicanangkan pemerintah sebagai upaya untuk mengurangi emisi karbon.

Penghijauan di Surabaya dalam rangka ulang tahun BNI ke 67. (sumber)

Lalu dalam acara Tour De Singkarak tahun 2014, BNI sebagai salah satu mitra acara ikut melakukan kegiatan yang bertujuan menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan cara membagikan pohon persahabatan atau Tree of Friendship di garis start dan finish perlombaan.

Selain itu, ada juga program Kali Ciliwung Bersih yang bertujuan untuk membersihkan lintasan sungai Kali Ciliwung dan dikerjakan secara sukarela oleh beberapa kelompok komunitas masyarakat seperti Peduli Ciliwung (KPC), LATIN dan Telapak. Dimana dana bantuan dari BNI dipergunakan untuk menyediakan peralatan pengangkut sampah sungai, mesin pencacah serta memberdayakan penduduk setempat untuk aktif mengelola kebersihan Kali Ciliwung.

Program tersebut sempat dipuji oleh ibu Ani Yudhoyono karena inisiatif BNI yang membantu Gerakan Cili­wung Bersih yang saat itu bertepatan dengan hari ulang ta­hun­nya.

Ada juga program Biogas Rumah yang didukung dengan mendonasikan 40 unit biogas digester oleh BNI di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Dengan memanfaatkan kotoran sapi, alat biogas digester dapat menghasilkan gas sebagai sumber daya terbarukan untuk kompor rumah tangga.

Dan masih ada program lain seperti program pembangkit listrik pico hidro berkapasitas 2 KW untuk masyarakat terpencil di Desa Mekarjaya, Kawasan Cagar AlamGunung Simpang, Kabupaten Cianjur. Lalu program Kampoeng BNI yang memberikan bantuan permodalan dengan Kredit Kemitraan PKBL dengan syarat lunak, bantuan sarana dan prasarana, capacity building, pendampingan dan pelestarian alam. Serta program Perilaku Hidup Hijau Pegawai (BNI Green Atttitude).

Ternyata program-program tersebut dilakukan oleh BNI dalam rangka menjalankan program Green Banking. Dan diterapkan oleh BNI dalam program BNI Go-Green.

sumber
Harapannya semoga BNI bisa terus memberikan dukungan terhadap seluruh masyarakat Indonesia dalam menjaga kelestarian bumi. Aamiin.

sumber:
http://www.indopos.co.id/2014/06/artha-graha-peduli-bni-go-green-cintailah-bumi-kita.html
http://www.paguyubanbudiasi.com/id/2013/07/bni-lanjutkan-program-go-green.html
http://bni.co.id/id-id/tentangkami/corporatesocialresponsibility/bnigogreen.aspx
http://www.rmol.co/read/2012/07/09/70175/Ibu-Ani-Dadah-dadah-Di-Ciliwung-
https://konservasidasciliwung.wordpress.com/ciliwung-social-responsibility/bank-bni/
https://ervitakurns.wordpress.com/2013/12/24/green-banking-oleh-bank-negara-indonesia-sebagai-wujud-nyata-green-economy-dalam-dunia-perbankan

20 comments:

  1. BNI emang keren, kalau yang saya tahu dan ikuti yaitu BNI Syariah Hasanah Empowerment. Mereka mendidik masyarakat untuk menjadi pengusaha dg 14 Duta MBB mereka. Bisa dibaca di blog saya untuk lebih lengkapnya

    ReplyDelete
  2. aku juga pakai bni karena banyak yg pakai bni ahaha

    ReplyDelete
  3. Duh belom pernah punya rekening disana sih, tapi boleh jadi alternatif nih :D
    Mampir boleh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. maafkan mbaak, biasanya kalo blogwalking suka malem2 biar koneksi cepet dan taulah mata udeh burem haha. iya mbak zulfa :D

      Delete
  4. Wah BNI, zamannya daku SMA nih. Hehe..
    Btw sukses ya buat event-nya. :)

    ReplyDelete
  5. KIta memang butuh berita dan artikel yang positif seperti ini, sekarang dunia online lebih banyak berita yang tidak mendidik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau postingan ini bisa bermanfaat

      Delete
  6. CSR BNI yah.. Go Green itu? thx infonya

    ReplyDelete
  7. nyayiannya boleh juga hihi suaranya bagus lo neng wkwkw

    ReplyDelete
  8. Belom punya akun di BNI hehe, tapi kayanya bagus dah

    ReplyDelete
  9. Nah, informasi kaya gini, Kali CIliwung, malah ga dimuat dalam website resmi BNI :(
    Ternyata BNI mantap e

    Monggo berkenan mampir juga di tulisan saya Mba Zulfa
    http://hanifjava.blogspot.com/2015/08/kepedulian-bni-terhadap-pembangunan.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok, cuma ga khusus bahas CIliwung aja.
      Langsung ke tkp!

      Delete
  10. Bagus juga ya ide BNI ini dalam menciptakan kali Ciliwung yang bersih. Pengin sih nabung di sana, tapi aku udah punya 3 rekening di 3 bank nih. Dan semuanya kepake. Duh jadi galau XD

    Mampir lagi ya mbak ke blogku \o/

    ReplyDelete
  11. Semoga di tiru bank-bank lain... ga cuma BNI, biar indonesia cepet hijau...

    ReplyDelete
  12. BNI bisa jadi pelopor bank lainnya di Indonesia ^^

    ReplyDelete