Musim Dingin di Jepang, Ngapain?

Sebagai orang Indonesia asli, pengen banget bisa nyanyi, "Do you want to build a snowman~" sambil main-main salju. Tapi karena negeri tercinta ini masuk kawasan tropis, ya pasti ga akan pernah ketemu salju (kecuali di puncak Gn. Jaya Wijaya). Dan negara terdekat untuk menikmati salju yaitu kawasan Asia Timur, salah satunya Jepang.

Orang kita tentu ga asing dengan negara yang satu itu. Soalnya Jepang pernah menjajah Indonesia dan sekarang banyak banget produk negara matahari terbit itu yang beredar di Indonesia. Selain produk-produknya, Jepang juga punya wisata yang keren di setiap musimnya.

Banyak dari kita yang cuma tahu kalau ke Jepang pasti hanami. Sedangkan ber-hanami itu cuma bisa dilakukan pas musim semi doang.

Jadi kalau liburan ke Jepang cuma pas musim semi aja gitu? Ngga dong!

Gue akan menjelaskan beberapa hal yang bisa dilakukan di Jepang saat musim dingin (冬 [fuyu]).


Menikmati Diamond Dust

sumber
Buat kamu yang ga pengen kedinginan, tapi tetep pengen bisa ngerasain suasana musim dingin, langsung aja datang ke Tokyo Midtown.Tepatnya di Galeria, ada dekorasi yang disebut Diamond Dust. Dekorasi ini terletak di atas kepala kita. Jadi kalau lihat dari lantai satu, kita harus angkat kepala. Kalau kepala pegel, naik aja ke lantai dua. Ga perlu angkat-angkat kepala lagi deh, tinggal nengok aja.

Diamond dust ini cuma ada sampai tanggal 25 Desember alias pas winter aja. Jadi spesial banget!


Pergi ke kebun binatang

Ke kebun binatang pas cuaca panas udah biasa kan? Ini nih yang ga ada di Indonesia. Kebun binatang musim dingin.

sumber

Kebun binatang Asahikawa di Hokkaido ini bisa nambah pengalaman dan pengetahuan kamu loh. Soalnya di sini dibuat semirip mungkin dengan habitat asli hewan-hewannya, inilah penyebab kebun binatang ini salah satu yang paling terkenal di Jepang.


Yang paling unik itu acara Penguin Walk. Di situ kita bisa lihat para penguin berjalan lenggak-lenggok menyusuri lorong. Kawaii >,<

Selain penguin, ada juga binatang-binatang winter lainnya seperti beruang kutub dan anjing laut. Dan tentunya mereka cuma aktif di musim dingin. Jadi harus banget ke sini!


Mengunjungi Negeri Dongeng

Di prefektur Gifu, desa Shirikawa, ada tempat yang namanya Shirikawa-go. Di tempat ini ada rumah pertanian yang disebut gasshō-zukuri, yaitu tempat membuat kertas washi.

Desa itu terdaftar di situs budaya warisan dunia UNESCO berkat arsitektur tradisional rumah gasshō-zukuri dan pemandangannya yang indah.

sumber
Gasshō-zukuri ini punya atap jerami yang besar dan curam supaya salju bisa turun. Soalnya desa ini area yang turun saljunya lebat.

Pemandangan yang indah dan agak mistis seperti membawa kita ke negeri dongeng. Dan pemandangan seperti itu cuma didapat saat musim dingin aja loh!


Makaaan!

Jalan-jalan di suhu udara yang dingin pasti laper kan? Makanan apa sih yang cocok dimakan saat musim dingin?

Kalau pengen praktis dan bisa sambil nerusin jalan, bisa coba beli Yaki Dango. Ini adalah makanan yang mirip mochi. Bahan bakunya dari tepung ketan, jadi rasanya manis dan agak asin. Cocok banget buat cemilan di musim dingin, soalnya Yaki Dango ini dibakar dulu sebelum disajikan.

sumber
Kalau lapernya udah kebangetan, bisa makan Ramen. Ituloh mie berkuah asli Jepang. Makanan ini sekarang udah banyak banget yang jual di Indonesia. Tapi rasanya pasti jauh lebih enak yang di sana.

Ramen ini banyak banget macemnya. Kamu pasti bakal menemukan (setidaknya satu) rasa ramen yang berbeda di tiap tempat.

sumber
Karena kebanyakan orang Indonesia berprinsip "belum makan kalau ngga sama nasi", walaupun misalnya udah makan dua makanan di atas, pasti ada aja yang bilang, "ah belum makan nih". Jadi makanan yang paling cocok buat perut kita yaitu Donburi.

Donburi adalah nasi putih yang memiliki berbagai macam lauk di atasnya dan diberi kuah. Donburi dibedakan menjadi beberapa jenis, tergantung dari lauknya. Salah satunya Gyudon. Dinamakan gyudon karena lauknya irisan daging sapi.

sumber
Nah kalau udah ketemu nasi pasti kenyang kan? Jadi bisa nerusin main salju lagi deh! ~\o/~


Main Ski di Gala Yuzawa Snow Resort

Belum komplit rasanya kalau winter ga pergi ke tempat ski. Walaupun ga bisa, yang penting gaya dulu lah hahaha. Tapi ga usah khawatir loh! Soalnya ada jasa guide yang bisa ngajarin kita main ski. So, don't worry!

sumber
Gala Yuzawa ini komplit banget. Ada restoran, tempat bermain anak (di dalam ruangan), cafe juga spa dan kolam renang. Jadi kalau capek habis main ski, bisa berendam di sini. Biar relax.

Selain itu lokasi Gala Yuzawa ini gampang banget diakses, apalagi dengan paket dari Tokyo Rail Days (TRD). Tinggal pesan paket yang diinginkan, kemudian duduk manis, langsung bisa main ski dan menikmati semua fasilitas di Gala Yuzawa.

Mudah banget kan? Soalnya TRD menggunakan JR EAST, yaitu perusahaan yang memiliki jaringan di 1.689 stasiun. Sugoi ne~

Apalagi kalau pesan sekarang ada promo buy 1 get 1 free. Asyikkk banget kan?!

Untuk info lebih lengkap mengenai Gala Yuzawa dan JR Raildays, langsung aja kepo ke: https://www.facebook.com/id.jprail dan http://www.jp-rail-id.com/

Ga akan nyesel deh!


Duh, jadi ga sabar pengen cepet-cepet bisa main salju dan main ski di Gala Yuzawa deh. Semoga suatu saat gue dan kalian yang ingin ke Jepang, bisa kesana segera. Aamiin.

---
Berpartisipasi dalam ““My Ideal Japanese Winter Vacation” Blog Competition

JR East (Tokyo Rail Days) Official Website


33 comments:

  1. pengeeen kesana doong...
    intip kontesnya juga aah :D

    ReplyDelete
  2. KE PENGEN ke Jepang nih. pengen jumpa Naruto. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti penggemarnya Doraemon yaaa (?) ._.v

      Delete
  3. Musim ujan anggap aja musim salju :D semangat lombanya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti beda atuh kak! Emang musim hujan suhu udaranya bisa nyampe -0 derajat?

      Delete
  4. gue juga pengen ke Jepang soalnya, dulu gue pernah kursus bahasa jepang, dari apa yang di ceritain guru gur, gue pengen banget ke jepang.
    ntar ikut ah giveaway ini, sapa tau dapet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok atuh kak ikut juga. Siapa tau kan?

      Delete
  5. AIh keren yan kalo postingan ttg Jepang


    Moga sukses ya lombanya :)

    ReplyDelete
  6. Aduh siapa ini yang mau nyulik saya biar bisa ke situ. Kamu kapan mau aku nikahin dek? Nanti bulan madunya ke sana yuk!
    Halah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh aku masih terlalu muda untuk itu kak *ngumpet di balik pintu* :))

      Delete
  7. Hahay.. aku juga pengen banget ngerasain salju. Pokoknya itu yang paling penting! hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu atuh kita ke Jepang bareng! Tapi bayar masing2 yaa :D

      Delete
  8. Infonya legkap banget!!
    Itu agensi tour yang bawa kak Elle dan Jess ke Jepang juga loh :')
    Mau ikutan kompetisinya juga tapi kayaknya harus semedi dulu nih :'3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka itu siapa?
      Sok atuh Safira ikut juga, biar rame

      Delete
  9. waaa oleh"nya ya zolaa di tgu pokonya dah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pergi aja belum pasti, udah minta oleh2 -_-
      Panggilnya 'zul', bukan zola, Mas

      Delete
  10. Replies
    1. Apalagi kalau pergi kesananya diongkosin, pasti lebih asyik

      Delete
  11. Wih pengen ke Jepang, pengen ngerasain salju. Entar ah kalau udah lulus langsung apply buat kerja di sana.
    Dan hari ini saya malah bolos kuliah matkul bahasa Jepang-nya.

    Sukses GA-nya sist.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat kakak kuliahnyaaa!
      Biar bisa ke Jepang, aamiin

      Delete
  12. Itu poin yang "makaaan" kayaknya asik banget deh.
    Moga beruntung ya, kontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan mah selalu enak, apalagi kalau gratis.
      Sayangnya kontesnya udahan, dan gue kalah :(

      Delete
  13. yang ada dipikiranku kalau kejepang mau ke museum doraemon hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya banget! Kayanya belum ke Jepang kalau blm ngeliat gn. Fuji, patung Hachiko dan museum Doraemon

      Delete
  14. main SKI kayaknya seru ya,pergi ke negeri dogeng juga kayaknya bakalan seru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya lebih seru kalau ada yang nemenin kak :')

      Delete
  15. musim dingin di jepang terlihat sangat mengasyikan ya, apalagi kalau bisa ke pemandian air panas..

    ReplyDelete
  16. seru banget x ya kalau main sky apalagi sesudahnya kita menikmati makanan khas musim dingin di jepang..

    ReplyDelete