Kegiatan Puasa Waktu Kecil

Dulu waktu kecil, kalau puasa pasti ngabuburit.
Dulu waktu kecil, ngabuburitnya sama temen.
Dulu waktu kecil, kalau puasanya 30 hari penuh selalu dikasih uang.
Dulu...aku suka padamu. Dulu aku memang sukaaa, ya ya ya #ngaco

Gak kerasa udah masuk bulan Ramadhan lagi. Perasaan baru kemaren shalat idul fitri. Bahkan sekarang udah seminggu aja kita puasa. Waktu berjalan begitu cepat.

Kalau bulan puasa pasti selalu ada cerita yang menarik. Khususnya saat ngabuburit (menunggu adzan maghrib dengan melakukan kegiatan).

Suka kangen gak sih sama kegiatan-kegiatan ngabuburit yang kita lakuin waktu masih kecil? Gue kangen banget!

Sekarang gue mau bernostalgia tentang hal apa aja yang dulu biasa dilakuin gue (dan mungkin kalian) pas ngabuburit.

1. Pergi ngaji
Sebagai orang Islam, sangat diwajibkan untuk bisa mengaji. Karena fatwa itulah, Bunda tercinta gue dengan cerewetnya selalu menyuruh pergi ngaji. Sebagai anak yang baik, walaupun kadang malas, gue selalu pergi ngaji.

sumber
Memang di TPA/TPQ gue mengaji. Tapi tujuan utama gue (seringnya) adalah bukan untuk mengaji, tapi ngabuburit setelahnya. Hehe.

Kegiatan ngabuburit setelah ngaji itu beda-beda tiap harinya. Apa aja? Gue sebutin di nomor selanjutnya. 

2. Main sepeda
Karena gue pergi ngaji naek sepeda, maka bersepeda adalah hal yang paling sering gue lakuin kalau ngabuburit.

Kalau pas pergi ngaji gue melewati jalan dengan rute terpendek. Pulang ngaji, gue mencari rute terpanjang untuk sampe rumah. Bisa dibilang pergi 10 menit, pulangnya bisa sampe 30 menit.

sumber
Gue seperti Ninja Hatori yang mendaki gunung, melewati lembah biar nyampe rumah tepat pas adzan maghrib dikumandangkan. How strong I am *tepuk dada* #AntaraKuatDanKurangKerjaan

Kalau pas jadwalnya gak ngaji, gue biasanya keliling komplek atau keliling kampung.

3. Main Petak Umpet
sumber
Jarangnya, kalau pulang ngaji gue suka main petak umpet dulu sama temen-temen di TPA.

Yang main biasanya lebih dari 10 orang. Jadi perlu waktu mungkin 30 menit buat nyelesain satu kali permainan. Soalnya temen gue licik-licik. Ngumpetnya pada jauh. Bahkan gue dan temen-temen yang lain pernah sampe pulang duluan, padahal ada satu temen gue yang belum ketemu.

Ternyata eh ternyata, pas besoknya gue tanya ke temen gue itu (yang gak ketemu ngumpet dimana). Dia jawab, "Maaf ya. Kemaren aku gak kuat pengen BAB. Jadi aku pulang deh. Hehe."

4. Main Monopoli
Kalau lagi males ngaji dan males keluar rumah. Gue selalu main monopoli sama saudara-saudara di rumah.

Senengnya main monopoli adalah ketika kita berhasil beli Komplek H (Australia dan Afrika), karena kita cepet jadi kaya.

sumber
Dan malesnya adalah ketika udah bosen mainnya, kita harus ngeberesin uang dan kartu-kartu hak milik ke dalam kotak. Iya ga sih?

5. Main Layangan
Biasanya anak cowo yang main ini. Tapi tak dipungkiri, anak cewek pun ada yang main ini. Bukan! Bukan gue! Gue dengan masih pake baju mulim lengkap (karena baru pulang ngaji) bisanya cuma ngeliatin, sama ngejar-ngejar layangan yang kalah. Hahahaha.

sumber
6. Bakar petasan
Ini adalah hal yang paling gue sebel, tapi mungkin hal wajib bagi anak cowo. Mereka (anak cowo) selalu bakar petasan dan dilemparin ke anak cewe yang akhirnya teriak-teriak ga jelas.

sumber
Kangen gak sih sama kegiatan-kegiatan itu? Rasanya ingin kembali ke masa dimana kita main bebas tanpa pernah memikirkan "Gimana kalau HP lowbat?" ataupun "Gue ga punya duit buat beli pulsa."

Pastinya, masih banyak kegiatan ngabuburit yang sekarang udah ga pernah dilakuin lagi. Yang mau bernostalgia bersama, ditunggu komentar atau postingannya.

Selamat puasa! Semoga puasa tahun ini menjadikan kita manusia yang lebih baik dari sebelumnya.
じゃ、またね!

6 comments:

  1. Replies
    1. Alhamdulillah nomer satu masih, bedanya sekarang di rumah. Dan nge-blog pastinya

      Delete
  2. seru ya jaman kecil dulu cara kita spent times before buka puasa :D

    ReplyDelete
  3. Dulu waktu kecil, suka mantengin jam. Suka ngeluh sama Mama. Suka budi(buka diam-diam) di bawah meja makan. Hahaha.

    ReplyDelete