Natsu Matsuri di BJS

Kemarin, hari Minggu, gue diajak temen sekelas pergi ke Bandung Japanese School buat ikut merayakan natsu matsuri. Natsu matsuri itu artinya pesta musim panas. Di Jepang, bulan segini memang lagi musim panas.

Kalau di Bandung mah harusnya pesta musim kemarau.
Acaranya dimulai jam 10 sampe jam 2 siang. Tapi karena gue orang Indonesia, gue datengnya jam 12. Hahaha #sangattidakpatutdicontoh. Pas nyampe sana, ternyata udah bagian bintang tamu yang tampil. Bintang tamunya itu Hiroaki Kato. Ada yang tau? Gue juga baru liat dan baru tau.

Ternyata Hiro itu orang Jepang asli yang sedang meniti karir sebagai penyanyi di Jakarta. Dia bilang, "Saya akan jadi orang Jepang pertama yang terkenal di Indonesia." Terlalu narsis memang. Padahal udah ada orang Jepang yang duluan terkenal kan? Si Haruka misalnya.

Mumpung Hiro belum terkenal, foto bareng dulu.




















Dengan bangganya dia juga bilang, kalau dia punya acara di Rajawali TV. Nama acaranya Indonesia banget. Dan bukan cuma itu, dia juga menterjemahkan novel Laskar Pelangi ke bahasa Jepang. Katanya di Jepang udah terjual 5rb kopi. Tau senam yang iya iyalah? Nah dia yang nerjemahin ke bahasa Indonesia loh! Multitalenta banget yah.

Di acara natsu matsuri kemarin, dia nyanyi 4 lagu. Salah satunya dia nyanyi lagu Laskar Pelangi-nya Nidji, tapi dalam bahasa Jepang.


Maaf banget kalau videonya ga HD (maklum ngerekam di hape) dan di videonya ada sedikit suara gue ngobrol sama temen. Soalnya ada hal menarik yang jarang, bahkan ga mungkin orang Indonesia lakukan.

Jadi gini, karena panas, gue ga duduk di rumput kaya orang-orang yang lain. Gue duduknya di tangga yang teduh. Kalau ada orang yang lewat depan gue disaat gue merekam video, otomatis dia akan terekam dan mengahalangi. Dan kalian tau? Orang Jepang yang lewat pada jalan bungkuk tepat di depan gue dan temen gue yang sedang merekam.

Gue terpesona. Orang Indonesia mana ada yang gitu (termasuk gue). Padahal yang lewat itu bapak-bapak loh!

Ada lagi satu pelajaran yang bisa diambil dari orang Jepang. Walau mereka tinggal di negeri orang, mereka tetap mencintai kebudayaan mereka. Salah satunya dengan melaksanakan natsu matsuri ini.

Semoga kita sebagai orang Indonesia, bisa lebih baik dari orang-orang Jepang dan orang luar negeri lainnya. Jangan sampai mau kalah dalam mencintai kebudayaan sendiri.

3 comments:

  1. Wah, ketahuan yg suka ngaret! :p

    Seru bgt ya kayaknya. Btw, gue keknya pernah dengar nama Hiro itu sblm baca ini. Dimana, ya? Hm.

    ReplyDelete
  2. HAI, teman-teman, dukung aku ya buat jadi School Editor GADIS Annual Edition 2015.

    Caranya:

    • Vote via Website
    1. Klik link ini >> bit.ly/SyifaGADIS2015
    2. Pilih VOTE di bawah artikelku
    3. Daftar/sign up jadi member di GADIS.co.id
    4. Cek email kamu, dan aktivasi akun GADIS
    5. Sekarang masuk/login dan klik VOTE di artikelku lagi, kalau sudah ada message data kamu terkirim artinya kamu sudah vote aku
    6. Kamu bisa vote satu kali setiap hari, jadi boleh banget tiap hari vote kok

    • Vote via SMS
    Kirim SMS ke 08111901555. Formatnya:

    MBY(spasi)NamaKamu#SekolahKamu#SchoolEditor#Asy-syifaaHalimatuSadiah#SMAN1Cililin

    Contoh: MBY DindaImani#SMAN5Bandung#SchoolEditor#Asy-syifaaHalimatuSadiah#SMAN1Cililin

    *) Tarif SMS normal kok, jadi kirim sebanyak-banyaknya, dan ajak juga teman-teman kalian :)

    TERIMAKASIH ^^

    ReplyDelete