Seorang Istri Itu...

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257. Silsilah Al-Ahadits Ash Shahihah, Asy- Syaikh Al Albani rahimahullah, no. 287)
Menikah adalah impian semua orang, baik laki-laki ataupun perempuan. Tapi kehidupan setelah menikah itu tidak mudah. Terbukti dari ada saja pasangan yang bercerai.
sumber
Karena saya belum menikah, saya sering diberi nasihat ataupun mendengar cerita dari orang tua, dosen, dan mereka yang sudah berpengalaman lainnya tentang membina rumah tangga.

Beberapa dari mereka pernah bilang, "Siapa bilang menikah itu gampang? Kita harus hidup bersama dengan orang yang sama setiap hari. Bosan kan? Tapi itu bagi mereka yang tidak beriman. Kalau kita sudah mantap, untuk menikah dengan orang tersebut. Kita pasti tidak akan pernah bosan, justru banyak nikmat yang Allah berikan."

1. Taat kepada suami
Setelah menikah, taatnya seorang perempuan harus didahulukan kepada suami daripada ke orang tua.

Kenapa? Karena suamimu itu adalah sebab seorang istri bisa masuk surga jika ditunaikan hak-nya. Dan suami itu menjadi sebab seorang istri masuk neraka jika dilalaikan hal itu. Seperti dalam sabda Nabi dan firman Allah berikut ini:

Beliau bersabda, "Perhatikan sikapmu terhadapnya, karena ia surga dan nerakamu." (HR. Ahmad dan Al-Hakim, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al;Targhib wa al-Tarhib, no. 1933)

Allah Ta'ala berfirman, "Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka." (QS. Al-Nisa': 34)

2. Selalu meminta izin kepada suami
Istri adalah tanggung jawab suami. Jadi sebagai seorang istri, segala hal yang dilakukan harus mendapatkan izin dari suami. Jika suami tidak mengizinkan, maka seorang istri tidak boleh pergi.

'Aisyah Radhiyallahu 'Anha berkata, "Siapakah wanita paling besar haknya atas wanita?"
Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjawab, "Suaminya."

Saya juga pernah mendengar cerita dari guru Agama, katanya..


Dulu ada seorang istri yang suaminya pergi ke luar kota. Lalu sang istri mendengar berita bahwa ibunya sakit. Karena dia belum meminta izin kepada suaminya, dia tidak pergi untuk melihat ibunya. Dia menunggu sampai suaminya pulang ke rumah (maklum, dulu kan belum ada hape). Kemudian dia mendengar berita bahwa ibunya ingin bertemu dengannya. Tapi dia tidak pergi juga, karena suaminya belum pulang dari luar kota. Sampai akhirnya, ibunya meninggal. Perempuan ini tidak juga pergi ke rumah ibunya. Dia baru pergi setelah suaminya pulang dan meminta izin untuk melihat ibunya untuk yang terakhir kali.

3. Berpenampilan menarik di depan suami
Perempuan biasanya senang berdandan. Pergi ke pasar pun, setidaknya memakai bedak karena ingin terlihat cantik. Apalagi saat masih pacaran, jika pacar datang ke rumah, selalu berdandan rapi dan cantik. Tapi setelah menikah, suami disambut dengan daster, dan bau ikan asin.

Itu salah! Seharusnya, setelah menikah tetaplah berdandan seperti kalau dulu mantan pacarmu itu apel malam minggu ke rumah. Biar dia tidak menyesal setelah menikah denganmu.

Mungkin itu juga salah satu penyebab perceraian ya?
sumber
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya”. (HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami’ush Shahih 3/57: “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)

Sumber:
http://dakwahsyariah.blogspot.com/2013/09/hadits-hadits-tentang-istri-sholehah.html#ixzz3KEixK500
http://salafytobat.wordpress.com/2014/02/21/hadis-ancaman-bagi-istri-yang-melawan-suami-dan-meninggalkan-rumah-tanpa-izin/
http://www.voa-islam.com/read/tsaqofah/2012/10/02/20962/taat-kepada-suami-harus-didahulukan-daripada-orang-tua/#sthash.ft1uWPIp.dpbs

---

5 comments:

  1. kunjungan perdana, salam perkenalan ya ^_^ senang berkunjung kemari, arna artikelnya bermanfaat sekali dan menyejukan

    ReplyDelete
  2. Nomor 3 perlu di perhatikan juga, karena penyebab penceraian sekarang ini karena istri uda gak menarik lagi.. Seharusnya Istri tetap berusaha tampil menarik sebelum dan sesudah menikah..

    ReplyDelete
  3. Terima kash ya sudah ikutan GA kami. Mohon bersabar menunggu pengumumannya :)

    ReplyDelete