Kurangnya Promosi Buku Anak

Sebagai remaja yang udah ga pantes lagi buat manja-manja sama orang tua, pengetahuan gue tentang buku anak-anak Indonesia sangat sedikit, pake banget. Alasannya, karena di rumah udah ga ada anak kecil berumur dibawah 12 tahun.

Setau gue, buku anak di negara kita ini kurang banget promosi. Mungkin karena mayoritas penerbit buku anak itu bukan penerbit mayor alias terkenal. Apalagi sekarang udah masuk jaman modern, dimana anak-anak kecil lebih seneng main gadget, daripada main petak umpet ataupun baca buku cerita.

Harusnya, menurut gue, para penerbit mayor juga bikin lini atau bagian khusus untuk menerbitkan buku cerita anak. Dan lakukan promosi yang besar, layaknya mempromosikan novel-novel remaja. Supaya para orang tua bisa membelikan buku untuk anak mereka, dan akhirnya membuat anak-anak Indonesia gemar membaca.

Untuk para penerbit yang menerbitkan buku anak, tapi belum terkenal. Alangkah baik dan indahnya jika ikut pameran-pameran buku. Ya salah satunya seperti Pameran Buku Bandung ini. Siapa tau dengan ikut pameran macam ini, buku-buku anak semakin diminati. Kan ga pantes anak kelas 4 SD udah baca novel tentang cinta.


Gue sebagai pemudi Indonesia cuma bisa berdo'a, semoga aja anak-anak di Indonesia semakin gemar membaca. Supaya negara Indonesia di masa depan bisa lebih baik dari sekarang. Aamiin.

Oh iya, satu lagi. Buku anak kebanyakan mahal-mahal, kalau bisa murahin dong~

No comments:

Post a Comment