(Mendadak) Jadi Guru

Kalau orang lain mendadak jadi milyader. Gue beda. Gue mendadak jadi guru. Iya ini mendadak banget. Tiba-tiba temen gue nge-line. Dia bilang gini, "Ayo dong bantuin aku! Ada yang nawarin jadi guru nih!"

Tapi gue ga mau menderita.
Sebagai orang yang bercita-cita jadi guru, gue langsung tertarik. Gue langsung meluncurkan pertanyaan, "Ngajarin apa? Dimana? Ngajar anak segede apa?"

"Di sekolahan. Anak SMK, jurusan TKJ. Jadi guru produktif."

Seketika gue langsung menciut. Gue aja baru lulus tahun kemaren, eh disuruh ngajar anak SMK. Bisa apa?!

Saat itu gue bimbang. Menurut gue, itu adalah kesempatan besar. Gue menimbang-nimbang. Akhirnya..ok! Gue terima tawarannya.

Sebenarnya ada ketakutan saat disuruh ngajar anak SMK. Ya, gue takut karma. Gue merasa dulu (waktu di SMK juga) banyak berbuat salah sama para guru. Dari mulai ngebantah, bikin marah, sampai bikin nangis guru. Begitulah kelakuan gue dan temen-temen sekelas dulu. Jangan ditiru ya!

Setelah fix menerima tawaran itu, besoknya gue langsung diajak ke sekolahnya. Gue dengan santai menyetujui dan pergi kesana. Eh taunya, langsung ditodong ngajar :(( Bisa apa?!

Mungkin begini ekspresi muka gue ketika ditodong ngajar saat itu.
Dengan kaki gemeteran dan ngomong yang belepotan, di hari pertama gue cuma memperkenalkan diri dan ngobrol-ngobrol geje sama murid-muridnya. Saking bingungnya mau ngomong apa lagi, gue cuma bisa bilang, "Ada yang mau ditanyain lagi?"
Pokoknya parah bangetlah!

Dan lagi, rata-rata siswa SMK berumur 16-18 tahun kan? Lah, gue dipanggil 'ibu' sama siswa disana. Padahal gue umurnya ga beda jauh sama mereka. Gue merasa tua sekali :') Antara harus bangga atau sedih.

Ya gue sih cuma bisa berdo'a, semoga ga ada warga sekolah yang baca dan semoga kesempatan (mendadak) jadi guru ini bisa bener-bener membuat gue jadi guru seutuhnya. Aamiin.

Oh iya, kalau diatara pembaca kesasar ada yang berprofesi ataupun pernah menjadi guru, kasih tips dong! Seputar menjadi seorang pengajar tentunya. Ditunggu loh! :)

Ctt: Postingan ini gue upload langsung di sekolah tempat gue ngajar. Biar semakin keren. Hahaha
---
Gue juga mau minta tolong nih. Tolong vote gue di http://claude-c-kenni.blogspot.com/2014/08/voting-pemenang-giveaway-emotional.html ya! Biar gue dapet tongsis gratis. Hehe. Gue ada di nomor 4. Thanks before.

22 comments:

  1. Jadi guru itu menyenangkan, kita jadi awet muda. punya banyak teman juga, murid-muridnya bisa dijadikan teman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget. Jd guru itu punya banyak temen curhat hahaha :D

      Delete
  2. semangat dan sukses ya... cintai anak2 dan cintai profesinya :)

    ReplyDelete
  3. Wah hebat semangat yah kereennn ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, makasih ya :D Semangat!

      Delete
  4. nih temen gw, pfofesinya guru juga tapi klo ga salah dia guru SD
    nih blognya http://harisluqmanhakim.blogspot.com semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makasih infonya. Nanti mau ngubek2 blognya dan tanya2 deh.

      Delete
  5. Mantep banget deh... :D
    Maju terus mbak... :D saya gak bakat jadi guru, soalnya kalau ngajar agak ngebetein dan ngebosenin gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi guru emang sulit sih. Saya jg belum ngerasa pantes.

      Delete
  6. Calon IStri ChansungAugust 21, 2014 at 4:39 PM

    semangat ibu guru.. aku padamu :*
    btw kalo bete sama muridnya jangan di toel ih kasian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu namanya naon pisanlah-_- Knp ga pake akunmu wit?
      Boro2 noel, marah pun ngga. Cuma kalau ngomong rada nyindir :))

      Delete
  7. Wah, hebat mbak :D Jadi guru itu enak ya makin banyak ngajar, makin pinter karena sama aja belajar dua kali. Semangat dan sukses yoo! ^^

    Salam kenal,
    Ijal Fauzi

    ReplyDelete
  8. wahahaha kalo gue jadi guru dadakan gitu juga pasti pas ngajar pertama rasanya campur aduk

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)) bukan campur aduk lagi, rasanya pgn cepet2 jam pelajarannya selesai aja.

      Delete
  9. Pernah jadi guru bimbel, tipsnya sih PD dan nguasain materi, apalagi anak SMA, mereka udah ngerti gelagat gak PD dan kurang ngerti materi, yang ada malah dikerjain nanti. (balada pernah ngerjain guru magang waktu SMA)

    good luck ngajarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan biasanya anak2 remaja itu banyak nanya. Pertanyaannya ga terduga. Kadang ga tau harus jawab gimana :(

      Delete
  10. Satu kelas di kasih uang goceng2. Pasti anaknya jadi diem-diem deh.

    azizkerenbanget.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaji ga seberapa, bagi-bagi duit. Tekor atuh :(

      Delete
  11. Wah, hebat dong kak! Baru lulus lgsg dapat tawaran. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga baru lulus juga sih. Ya kebetulan aja, alhamdulillah :D

      Delete