Lulus N3 #1Day1Dream

Tiap tahun, Jepang selalu mengadakan ujian yang dikenal dengan nama JLPT (Japanese Language Proficiency Test). Tes ini adalah untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang seseorang, yang diakui secara internasional. Ada 5 tingkat dalam tes ini, yaitu N1-N5.

Fungsi dari tes ini adalah untuk bahan pertimbangan jika ada warga asing yang ingin sekolah di Jepang ataupun bekerja di sana. Perusahaan Jepang yang berada di Indonesia juga memperhatikan hasil tes ini, jika ada warga Indonesia yang melamar ke perusahaanya.
sumber
Walaupun belum sarjana, tapi minimal udah punya sertifikat N3 (tingkat menengah), kalau bekerja di perusahaan Jepang, gajinya bisa lebih gede dari gaji sarjana yang ga punya sertifikat ini loh.
Gue sebagai mahasiswa Sastra Jepang, tentunya pengen lulus tes ini. Walaupun misalnya nanti gue ga kerja di perusahaan Jepang, tapi kan keren udah pernah lulus JLPT. Hehe. Dan misalnya nanti gue pengen nerusin lagi kuliah S2, kan bisa kuliah di Jepang.

Walaupun sampai saat ini ga ada niat sedikit pun untuk kuliah S2, gue tetap akan terus belajar bahasa Jepang, baik di kampus ataupun di rumah, supaya bisa lulus N3.

Jalannya memang ga mudah, karena gue harus bisa ngatur waktu antara kuliah Manajemen Informatika dan Sastra Jepang, belum lagi ngajar anak-anak di sekolah. Tapi karena semuanya adalah pilihan gue, so I will keep trying. Ganbarimasu!
sumber

Target: Tahun 2016

4 comments: